Oleh: Ahmad Asrori

“Barangsiapa yang membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya, maka akan dipakaikan kepadanya sebuah mahkota yang terbuat dari Nur (cahaya). Dan kedua orang tuanya akan dipakaikan dua pasang pakaian yang sangat indah tiada bandingnya di dunia ini.”

            Begitulah arti hadist riwayat Imam Hakim tentang kedahsyatan salah satu hikmah membaca, menghafal dan mengamalkan al-Qur’an. Hikmah menghafal al-Qur’an tidak hanya di akhirat, tetapi juga di dunia. Berdasarkan penelitian Dr. Shalih bin Ibrahim Ash-Shani’—seorang guru besar psikologi Universitas Al-Imam bin Saud Al-Islamiyyah, Riyadh—, mengungkapkan, bahwa menghafal al-Quran dengan baik dan benar akan memberikan kesehatan jasmani, rohani, dan sosial. Semakin banyak hafalnya, maka akan seimbang antara jiwa dan raganya.

            Hal tersebutlah yang menjadi salah satu motivasi dan dorongan bagi Pondok Pesantren Modern Selamat Kendal untuk menggembleng para santri menghafal Al-Qur’an. Wujud real dari penggemblengan tersebut adalah telah diadakan tahfidz dan tashih al-Qur’an pada Sabtu, 19 Februari 2022. Wisuda diikuti oleh 400 wisuda dengan rincian 150 putra dan 250 putri. Adapun wisuda ini terdiri dari 5 grade, yaitu grade 1= Q.S. Ad-duha – An-nas, grade 2 = Juz 30, grade 3= juz 30 dan 4 surat pilihan, grade 4= 2 juz, dan grade 5= 5 juz. Dari setiap grade terpilih satu wisuda terbaik, yaitu: 1. Danish Arfa Alfatih: 8 SMP Unggulan, 2. Brilly Shoda Anton Junior: 7 SMP PMS, 3. Yoga Sinatria: 10 SMA PMS, 4. Mazia Nur Aulia Irham: 9 SMP Unggulan, 5. Naafi Dzikra Meyfandi: 11 SMA PMS.     

            Tentu dalam pelaksanaan wisuda tersebut sesuai dengan protokol kesehatan, di antaranya dengan 3 M dan wali santri hanya diperkenankan hadir melalui live streaming. Antusiasme para walisantri sangatlah bagus dan baik, ketika melihat anaknya diwisuda. Antusiasme tersebut dapat dilihat dari komentar-komentar yang membanjiri live straming. Harapanya, semoga santri PMS Kendal menjadi generasi Qur’ani, meliputi membaca, menghafal, mengamalkan dan menularkan. Amiin.

48 Comments

  1. Alhamdulillah wisudah telah berjalan lancar. Semoga para wisudawan dan wisudawati tetap istiqomah dalam menghafal dan lebih meningkatkan lagi jumlah hafalannya. Dan semoga menjadi anak yang sholih sholihah. Aaamiin

  2. Semoga anak-anak PMS selalu menjadi Pencinta, penghafal, pengamal dan pengajar Alqur’an.
    اجعلنا من اهل القرءان

Leave a Comment