Oleh: Ahmad Asrori, S.H.

Guru Agama PMS Kendal

Kendal, Yayasan Wakaf Selamat Rahayu Kendal bagikan zakat berupa bingkisan roti kaleng pada Rabu, 14 April 2021 dan bingkisan buah kurma pada Selasa, 20 April 2021 kepada seluruh santri dan seluruh civitas akademik, sebagai wujud menunaikan kewajiban dan peningkatan amal sholih Ibu Pembina Yayasan—Hj. Sri Idayanti S.E., M.M. Sebenarnya kegiatan bagi-bagi bingkisan tersebut, bukanlah hal yang baru, karena tradisi ini sudah berjalan bertahun-tahun setiap bulan Ramadhan.

Berbicara tentang zakat, terdapat dalam QS. al-Baqoroh: 261 menyebutkan, bahwa “Perumpamaan orang yang menginfakan hartanya di jalan Allah seperti  sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, Dan Allah Maha Luas, Maha Menghendaki”. Dari ayat tersebut telah jelas betapa dahsyatnya pahala zakat. Teramat mudah bagi Sang Maha Pemurah, Allah Swt melipatgandakan setiap kebaikan insan-Nya.

Sudah menjadi hukum alam bahwa, setiap yang bernyawa tidak terkecuali manusia akan menemui ajal (kematian), dan untuk menghadapi itu butuh bekal. Salah satunya ialah amal sholeh, yakni melalui zakat. Ternyata banyak efek luar biasa dijumpai seseorang yang menginfakan sebagian hartanya di dunia dan di akhirat.

Dapat ditarik benang merah bahwasanya, orang muslim harus merealisasikan keimanan mereka dengan amal soleh. Terlebih lagi, sekarang merupakan bulan yang tepat untuk memulai kebaikan. Bulan Ramadhan; Bulan penuh rahmah, ampunan (maghfiroh), dan berkah. Oleh sebab itu, selayaknya seorang muslim berlomba-lomba dalam kebaikan agar memperoleh berkah melalui zakat serta derajat paling tinggi di sisi-Nya, seperti halnya yang dicontohkan Ibu Pembina Yayasan Wakaf Selamat Rahayu Kendal —Hj. Sri Idayanti S.E., M.M.. Wallahu A’lamu Bi Al-Shawab.

12 Comments

  1. Alhamdulillah, ketika kita butuh Allah selalu menyukupi. Nikmatnya berbagi, semoga kelak menjdi golongan orang yang memberi.

  2. Hidup indah jika mencari berkah…
    Segala yang ada dalam hidupku ku sadari semua milik-Mu, ku hanya hamba-Mu yang berlumur dosa

Leave a Comment