Oleh: Tri Wahyuningsih, S.Pd.

“Mencintai negara, merupakan sebagian dari Iman”

Demikian arti hadis Nabi Muhammad SAW. tentang pentingnya mencintai negara. Maka, menjadi sebuah keharusan bagi setiap warga Negara untuk meningkatkan jiwa patriotisme dan rasa cinta tanah air, seperti yang dilakukan SMA Unggulan Pondok Modern Selamat Kendal yaitu mengadakan seminar bela Negara dengan tema ‘Revitalisasi Patriotisme untuk Bela Bangsa dan Negara’. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 29 September 2021, bertempat di Aula Pondok Modern Selamat Kendal. Seminar ini dihadiri langsung oleh Sertu Agus Kiswanto Babinsa Koramil 02/Patebon Kodim 0715 Kendal.

Antusiasme para siswa saat mengikuti seminar ini sangatlah baik. Hal ini dibuktikan dengan sorakan semangat yel-yel yang mampu membakar semangat juang para siswa. Melalui seminar bela negara ini, semoga para siswa mampu membawa perubahan yang lebih baik. Peran tersebut harus dimulai dari diri sendiri, mengasah kemampuan dan pengetahuan dengan perubahan pola pikir, pola sikap dan pola tindak untuk kemandirian. Selain itu, diharapkan melalui revitalisasi ini dapat membentuk sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga tidak mudah diombang-ambingkan negara lain dalam berbagai bidang.

Tidak hanya itu, dalam pelaksanaan seminar bela negara tersebut, para siswa juga dilatih mengenai kedisiplinan dan kecakapaan melalui bidang PBB (Peraturan Baris Berbaris). PBB dilaksanakan untuk membentuk siswa yang tangguh secara fisik dan mampu berpikir secara cepat dan tepat. Pondok Modern Selamat Kendal berharap para siswa dapat memiliki jiwa patriotisme cinta tanah air dan menghargai perjuangan para pahlawan terdahulu. Sehingga hal tersebut dapat menjadi bekal bagi para siswa untuk membawa negara Indonesia menjadi negara yang beradab, kuat, tangguh dan bermartabat. Amiin.

26 Comments

      1. sejarah perjuangan bangsa Indonesia. … Kerelaan para santri dan pahlawan bangsa untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan dengan mengorbankan jiwa dan raga

Leave a Comment