Oleh: Ahmad Asrori

            Dengan seni hidup menjadi halus dan syahdu, dengan ilmu hidup menjadi maju dan enak, dan dengan agama hidup menjadi bermakna dan bahagia

            Begitulah pernyataan Prof. Dr. H. Abdul Mukti Ali (Menteri Agama Indonesia 1971–1978) tentang pentingnya keseimbangan antara seni, ilmu dan agama. Seni menjadi hal penting dalam sendi kehidupan setiap insan, karena dengan seni akan memberikan warna dalam kehidupan. Begitupula seni dalam membaca al-Qur’an, atau biasa disebut dengan tilawatil quran, ketika membaca al-Quran dengan seni akan memberikan getaran keimanan lebih besar daripada tidak menggunakan seni.

            Maka, untuk mencari qori-qori handal di Kendal, pemerintah kabupaten Kendal mengadakan musabaqah tilawatil quran (MTQ), dimulai dari tingkat kecamatan. Seperti yang telah diadakan oleh Kecamatan Patebon, pada Senin 29 November 2021, bertempat di kantor kecamatan. Peserta terdiri dari perwakilan setiap pesantren dan atau sekolah tingkat SMP. Alhamdulillah, tim PMS Kendal mampu menyabet juara 3 MTQ tingkat kecamatan, yang diwakili oleh Sandi Yoeda Ariyanto (IX SMP Unggulan). Tentu, hasil tersebut tidak terlepas kerja keras dan pelatihan rutin yang telah diberikan tim PMS Kendal dalam hal ini diampu oleh Ust. Oko Haryono, S.Th.I dan Ust. Ahmad Muhson, S.H. untuk mendidik dan menggembleng santri memiliki kemampuan melafalkan bacaan al-Qur’an dengan merdu serta tartil. Semoga dengan prestasi ini, mampu memotivasi santri lain, untuk terus berprestasi. Amiin.

12 Comments

Leave a Comment