“Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat kamu gunakan untuk mengubah dunia”

Begitulah petuah Nelson Mandela tentang pentingnya pendidikan untuk mengubah dunia kapanpun dan di manapun. Maka, meskipun di era pandemi seperti ini, pun tidak menyurutkan semangat segenap civitas akademika SMP Unggulan dan SMP Pondok Modern Selamat Kendal untuk mengentaskan para santri dari perihnya kebodohan menuju perubahan yang gemilang.

Pada awal tahun ajaran 2021-2022 ini, Bapak dan Ibu guru SMP menyapa santri secara virtual melalui google meeting. Atau dengan kata lain, kegiatan belajar mengajar masih dilakukan secara daring. Hal tersebut merupakan imbas dari kebijakan PPKM darurat oleh Pemerintah yang berlaku di Jawa-Bali sejak tanggal 3-20 Juli 2021 dan diperpanjang lagi sampai 2 Agustus 2021.

Kegiatan belajar mengajar dimulai sejak tanggal 12 Juli 2021. Penggunaan zoom meeting sebagai salah satu media pembelajaran, diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, komunikatif dan efektif. Dengan menggunakan zoom meeting interaksi aktif antara santri dengan Bapak Ibu guru selaku penyampai materi akan terjalin. Hal tersebut akan mempermudah santri dalam memahami materi yang disampaikan.

Selain menggunakan zoom meeting sebagai media pembelajaran, santri juga dapat mengakses materi yang disampaikan oleh Bapak Ibu Guru melalui website pembelajaran daring https://elearning.smpungpms-kendal.sch.id. Di dalam website e-learning tersebut, terdapat materi yang dapat diunduh dan video pembelajaran yang telah disiapkan oleh Bapak Ibu guru sebagai antisipasi apabila terdapat santri yang tidak dapat mengikuti zoom meeting.

Terdapat 795 santri dari 795 santri SMP Unggulan dan  SMP Pondok Modern Selamat Kendal yang tercatat aktif mengikuti pembelajaran daring melalui website pembelajaran e-learning. Data tersebut didapatkan dari aktifitas unduh materi serta penugasan terstruktur yang diinput dalam website pembelajaran e-learning. Santri menyambut baik dan bersemangat mengikuti pembelajaran daring yang telah dipersiapkan oleh Bapak Ibu guru. Hal ini dapat dilihat pada rekapitulasi keikutsertaan pembelajaran daring santri.

51 Comments

  1. Ternyata tak pernah surut semangat putra-putri kita untuk tetap lawan kemalasan…. Teruslah tumbuh kesadaran ini, semoga hal-hal baik selalu menyertai kita aamiin

    1. selalu pasang semangat mereka, putra-putri bibit unggul kita, tak pernah surut untuk melawan kemalasan, gawai tak lagi menakutkan, karena mereka dibekali kesadaran yang penuh untuk belajar demi senyuman kebahagiaan orang tersayang…. semoga hal-hal baik selalu menyertai semua, aamiin

  2. selalu pasang semangat mereka, putra-putri bibit unggul kita, tak pernah surut untuk melawan kemalasan, gawai tak lagi menakutkan, karena mereka dibekali kesadaran yang penuh untuk belajar demi senyuman kebahagiaan orang tersayang…. semoga hal-hal baik selalu menyertai semua, aamiin

  3. Pendidikan adalah paspor untuk masa depan, karena hari esok adalah milik mereka yang mempersiapkannya hari ini. Semangat!!!

Leave a Comment