Oleh: Ahmad Asrori

            “Vaksin covid-19 dinyatakan halal dan aman untuk dipergunakan bagi masyarakat”.

            Demikian fatwa Majlis Ulama Indonesia (MUI) nomor 2/2021 tentang vaksin covid-19. Vaksin menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mengurangi angka penyebaran pandemi covid-19 di Indonesia. Vaksin layaknya senjata andalan pemerintah dalam memerangi covid-19, selain menerapkan protokol kesehatan 6M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas, dan menjaga pola makan sehat serta istirahat yang cukup) setiap hari.

            Tidak hanya itu, Presiden Indonesia juga mengintruksikan kepada bupati/wali kota di seluruh Indonesia, bahwa “Berkaitan dengan vaksinasi dipercepat. Saya minta bupati/wali kota kalau vaksin datang langsung habiskan secepat-cepatnya. (Kalau habis) minta lagi. Timing di Agustus ini pas karena datang vaksin banyak sekali.” Dari pernyataan ini, sudah jelas, bahwa vaksin merupakan perintah pemimpin Indonesia yang harus ditaati bagi seluruh masyarakat.

            Dengan demikian, Pondok Pesantren Modern Selamat Kendal juga ikut berpartisipasi aktif dalam mengindahkan perintah presiden dan menekan angka covid-19 dengan mengadakan vaksinasi jenis sinovac kepada seluruh santri yang berjumlah 1.271 pada Kamis, 16 September 2021. Kegiatan vaksinasi ini berkoordinasi  dengan KODIM Kendal. Semoga, dengan diadakan  vaksinasi ini mampu menurunkan angka penyebaran covid-19 di Indonesia. Amiin.

36 Comments

Leave a Comment