Allah mewajibkan kepada setiap anak untuk tetap mengasihi dan menyayangi kedua orang ibu bapaknya. Bahkan diperintahkan selalu mendoakan untuk kebaikan keduanya meskipun sudah tidak ada di dunia ini. Tidak ada alasan bagi anak sedikit pun untuk berlaku kasar kepada ibu bapaknya.

Allah berfirman, “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah : “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.” (Q.S. Al-Isra`: 23-24).

Dari firman Allah SWT di atas, Pondok Modern Selamat (PMS) Kendal bersama guru Agama, Bapak Setyo Darussalam, S.Pd. mengajak siswa-siswi untuk berperan aktif dalam drama pembelajaran cerita masyarakat dengan tema “Kenakalan Remaja yang Durhaka pada Kedua Orangtuanya”.

Kegiatan tersebut termasuk dalam penilaian praktek agama kelas XII IPA A SMA Unggulan. Bertempat di pendopo gedung kesehatan, acara ini berlangsung dengan tertib dan para siswa sangat antusias mengikuti arahan serta bimbingan Bapak Setyo. Dengan metode pembelajaran yang fresh, dan di luar ruangan kelas sehingga tidak menimbulkan kejenuhan bagi para siswa dan siswi Pondok Modern Selamat Kendal.

12 Comments

  1. Melalui kegiatan ini semoga anak- anakku kelas XII MIPA A jadi bisa bersikap tawadhu, berbakti kepada kedua orang tua dan akan selalu mendoakan kedua orang tua mereka.

  2. Alhamdulillah, dengan ujian praktek yg diadakan di luar kelas paling tdk sebagai salah satu alternatif utk mengurangi kejenuhan, sehingga ank lebih bersemangat dlm belajar.
    Terus ciptakan metode pembelajaran yg menarik bagi anak.
    Jayalah Pondok Modern Selamat

  3. Semoga santri PMS terkhusus
    kelas XII IPA A ,bisa memahami,menghayati dan mengamalkan ilmu agama (tafaqquh fiddin) dengan menekankan moral dan adab agama dalam kehidupannya sehari hari.

Leave a Comment