Setiap pembelajaran harus menyenangkan. Bahkan bukan hanya itu. Harus interaktif, isnpiratif, menantang, dan memotivasi. Penegasan itu dicantumkan di dalam PP 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP). Agar pembelajaran memenuhi kelima kriteria itu.

Suasana kelas yang menyenangkan diawali dari suasana hati guru ketika masuk ke dalam kelas. Suasana hati yang kondusif, sejuk, dan damai akan membias kepada ekpresi fisik dan ekpresi bahasa guru. Ekpresi-ekpreasi itu akan ditangkap oleh peserta didik dalam satu situasi. Suasana hati peserta didik pun kondusif, sejuk, dan damai. Kombinasi kesejukan dan kedamaian hati guru dengan hati peserta didik akan membentuk suasana kelas yang menyenangkan. 

Seperti proses belajar mengajar di Sekolah Pondok Modern Selamat Kendal. Karena di lakukan oleh guru yang mewariskan nilai-nilai norma yang baik agar anak didik dapat menjadi manusia yang berakhlak mulia, cerdas, kreatif, dan mandiri, berguna bagi pembangunan bangsa dan negara di masa mendatang.

Suasana menyenangakan terpapar dari wajah para muridnya, sehingga siswa siswi Pondok Modern Selamat Kendal memiliki :

Sikap

Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

Pengetahuan

Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian.

Keterampilan

Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.

IMG-20200221-WA0004
IMG-20200221-WA0006
IMG-20200221-WA0007
IMG-20200221-WA0008
IMG-20200221-WA0005
IMG-20200221-WA0009

18 Comments

Leave a Comment