Di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang melanda hampir sebagian besar wilayah Indonesia serta cuaca dingin dimusim penghujan, masyarakat berbondong-bondong mencari cara agar tubuh tetap sehat yakni salah satunya dengan mengonsumsi jahe. Jahe kerap digunakan sebagai ramuan herbal yang kaya akan manfaat kesehatan. Siswa SMA PMS memiliki inovasi baru yakni pengolahan jahe menjadi minuman herbal yang menyehatkan dan bernilai jual tinggi yang diberi nama SMASELT, Sari Jahe Herbal Instan.

Jahe adalah tanaman yang kaya akan segudang manfaat. Selain menghangatkan juga dipercaya bisa sembuhkan banyak penyakit. Produk sari jahe herbal cocok dikonsumsi bagi masyarakat apalagi dalam kondisi dan cuaca dingin. Melihat adanya kondisi pandemi, sehingga siswa di pondok pesantren Moderen Selamat diminta untuk selalu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Inovasi ini didukung oleh sekolah, siswa yang terbentuk dalam tim bahu membahu membuat minuman sari jahe herbal instan didampingi dengan guru yang berkompeten didalamnya. Produk Sari jahe herbal instan dijual dengan harga Rp9.500,- perbungkus. Harapannya produk hasil olahan ini tidak hanya dipasarkan di lingkungan Pondok Moderen saja, namun bisa meluas dan menjangkau berbagai penjuru masyarakat. Menjadi produk olahan yang dapat dinikmati karena kenikmatan rasanya tidak diragukan lagi.

Besar harapan SMA PMS, siswa yang telah lulus tidak hanya pintar dalam akademik saja tetapi memiliki bekal berwirausaha. Pelajar diminta untuk memiliki banyak keterampilan dan keahlian dalam berbagai bidang untuk menghadapi persaingan di dunia masyarakat. Pihak sekolah berharap inovasi produk ini bisa menjadi bekal untuk siswa ketika sudah lulus dan terjun dimasyarakat. Siswa bisa belajar berwirausaha atau membuat usaha sendiri menghasilkan uang dari keterampilan yang sudah dipunya.

7 Comments

Leave a Comment