Sejarah Berdirinya Pondok

 

Pondok Modern Selamat Kendal didirikan oleh Bapak H. Slamet Soemadyo pada tanggal 27 Maret 1992, bertepatan dengan tanggal 22 Ramadhan 1412 H dan keberadaannya di bawah naungan Yayasan Wakaf Selamat Rahayu. Pondok ini merupakan lembaga pendidikan formal yang disertai pendidikan agama dengan tujuan untuk membentuk anak didik yang berakhlakul karimah yang dapat hidup ditengah laju perkembangan ilmu pengetahuan dan tehknologi. Yayasan Wakaf Selamat Rahayu mempunyai 2 cabang yaitu di kendal dan batang. Pengembangan yang terus menerus dan berkelanjutan sehingga berdiri Perguruan Tinggi yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Selamat Sri (STIESS) dan sekarang sudah menjadi Universitas Selamat Sri (UNISS). Adapun jumlah keseluruhan santri baik dari SMP, SMA dan Mahasiswa sejumlah 5100.

Pondok Pesantren Modern Selamat Kendal berdiri diatas tanah seluas 18 Hektar di desa Jambearum Rt 01 Rw 01 Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Letaknya di pinggir jalur arteri Pantura Semarang – Batang di Jalan Soekarno-Hatta Km.03.

Kurikulum

 

 


UMUM

SMA PMS Memakai Kurikulum Kurtilas Atau K 13, Kurikulum menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 19 adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai penyelenggara kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Sedangkan Kurikulum 2013 adalah langkah lanjutan pengembangan kurkulum berbasis kompentensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dan KTSP 2006 yang mencakup kompentensi sikap, pengetahuan dan keterampilan secara terpadu.

Kurikulum 2013 yang berbasis karakter dan kompentensi lahir sebagai jawaban terhadap berbagai kritikan terhadap kurikulum 2006, serta sesuai dengan perkembangan kebutuhan dan dunia kerja. Kurikulum 2013 merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai keunggulan masyarakatbangsa dalam penguasaan teknologi sepert yang digariskan dalam haluan negara.Pengembangan kurikulum 2013 didasari oleh pemikiran tentang tantangan masa depan, persepsi masyarakat pengetahuan dan pedagogi, kompentensi masa depan,serta fenomena negatif yang mengemuka.

Karateristik Kurikulum 2013

Terdapat sejumlah karakteristik kurikulum 2013 berdasarkan salinan lampiran Permendikbud No. 96 Tahun 2013, yang membedakan dengan kurikulum sebelumnya. Karakteristik tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Mengembanggkan keseimbangan antara pengembangan sikap spritual dan sosial, rasa
    ingin tahu, kreativitas, kerja sama dengan kemamuan intelektual dan
    psikomotorik.
  2. Sekolah merupakan bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar terencana dimana peserta didik menerapkan apa yang dipelajari disekolah ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat sebaga sumber belajar.
  3. Mengembangkan sikap, pengetahuan dan keterampian serta menerapkan dalam
    berbagai situasi di sekolah dan masyarakat.
  4. Memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan dan keterampilan.
  5. Kompetensi dinyatakan dalam bentuk kompetensi inti kelas yang dirinci lebih
    lanjut dalam kompetensi dasa mata pelajaran.
  6. Kompentensi inti kelas menjadi unsur pengorganisasian kompentensi dasar, dimana
    semua kompetensi dasar dan proses pembelajaran dikembangkan mencapai kompetensi
    yang dinyatakan dalam kompetensi inti.
  7. Kompetensi dasar dikembangkan didasarkan pada prinsip akumulatif, saling
    memperkuat dan memperkaya antar mata pelajaran dan jenjang pendidikan.

Dari sekian banyak unsur sumber daya pendidikan, kurikulum merupakan salah satu unsur yang bisa memberikan kontribusi yang signifikan untuk mewujudkan proses berkembangnya kualitas potensi peserta didik. Kurikulum 2013 yang dikembangkan dengan berbasis pada kompetensi sangat diperlukan sebagai instrumen untuk mengarahkan peserta didik menjadi: (1) manusia berkualitas yang mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah; dan (2) manusia terdidik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri; dan (3) warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Pengembangan dan pelaksanaan kurikulum 2013 yang berbasis kompetensi merupakan salah satu strategi pembangunan pendidikan nasional sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kurikulum 2013 dalam dimensi proses adalah realisasi ide dan rancangan kurikulum menjadi suatu proses pembelajaran. Guru adalah tenaga kependidikan utama yang mengembangkan ide dan rancangan tersebut menjadi proses pembelajaran. Pemahaman guru tentang kurikulum akan menentukan rancangan guru (Rencana Program Pembelajaran/RPP) dan diterjemahkan ke dalam bentuk kegiatan pembelajaran. Peserta didik berhubungan langsung dengan apa yang dilakukan guru dalam kegiatan pembelajaran dan menjadi pengalaman langsung peserta didik. Apa yang dialami peserta didik akan menjadi hasil belajar pada dirinya dan menjadi hasil kurikulum. Oleh karena itu proses pembelajaran harus memberikan kesempatan yang luas kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi dirinya menjadi hasil belajar yang sama atau lebih tinggi
dari yang dinyatakan dalam Standar Kompetensi Lulusan.

Kurikulum 2013 yang berbasis kompetensi diarahkan pada pencapaian kompetensi yang dirumuskan dari Standar Kompentensi Lulusan.[7] Demikian pula penilaian hasil belajar dan hasil kurikulum diukur dari pencapaian kompetensi. Keberhasilan kurikulum diartikan sebagai pencapaian kompetensi yang dirancang dalam dokumen kurikulum oleh
seluruh peserta didik.

Secara rinci karakteristik kurikulum 2013 yang berbasis kompetensi adalah sebagai berikut: 

  1. Isi atau konten kurikulum adalah kompetensi yang dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti (KI) mata pelajaran dan dirinci lebih lanjut ke dalam Kompetensi Dasar (KD).
  2. Kompetensi Inti (KI) merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran
  3. Kompetensi Dasar (KD) merupakan kompetensi yang dipelajari peserta didik untuk suatu mata pelajaran di kelas tertentu.
  4. Penekanan kompetensi ranah sikap, keterampilan kognitif, keterampilan psikomotorik, dan pengetahuan untuk suatu satuan pendidikan dan mata pelajaran ditandai oleh banyaknya KD suatu mata pelajaran. Untuk SD pengembangan sikap menjadi kepedulian utama kurikulum.
  5. Kompetensi Inti menjadi unsur organisatoris kompetensi bukan konsep, generalisasi, topik atau sesuatu yang berasal dari pendekatan “disciplinary–based curriculum” atau “content-based curriculum”.
  6. Kompetensi Dasar yang dikembangkan didasarkan pada prinsip akumulatif, saling memperkuat dan memperkaya antar mata pelajaran. 
  7. Proses pembelajaran didasarkan pada upaya menguasai kompetensi pada tingkat yang memuaskan dengan memperhatikan karakteristik konten kompetensi dimana pengetahuan adalah konten yang bersifat tuntas (mastery). Keterampilan kognitif dan psikomotorik adalah kemampuan penguasaan konten yang dapat dilatihkan. Sedangkan sikap adalah kemampuan penguasaan konten yang lebih sulit dikembangkan dan memerlukan proses pendidikan yang tidak langsung.
  8. Penilaian hasil belajar mencakup seluruh aspek kompetensi, bersifat formatif dan hasilnya segera diikuti dengan pembelajaran remedial untuk memastikan penguasaan kompetensi pada tingkat memuaskan (Kriteria Ketuntasan Minimal/KKM dapat dijadikan tingkat memuaskan).

Kompetensi adalah kemampuan seseorang untuk bersikap, menggunakan pengetahuan dan keterampilan untuk melaksanakan suatu tugas di sekolah, masyarakat, dan lingkungan dimana yang bersangkutan berinteraksi. Kurikulum 2013 dirancang untuk memberikan pengalaman belajar seluas-luasnya bagi peserta didik untuk mengembangkan sikap, keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk membangun kemampuan tersebut. Hasil dari pengalaman belajar tersebut adalah hasil belajar peserta didik yang menggambarkan manusia dengan kualitas yang dinyatakan dalam Standar Kompentensi Lulusan.

Tujuan
Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif dan efektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara dan peradaban dunia. Dalam hal ini, pengembangan kurikulum 2013 difokuskan pada pembentukan kompetensi dan karakter peserta didik, berupa paduan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dapat di demontrasikan peserta didik sebagai wujud pemahaman terhadap konsep yang dipelajarinya secara konseptua

AGAMA

1

X SMA

1. Aqidah

1. Aqoid Diniyah 3

 

 

2. Fiqh

2. Mabadi Fiqh 3

 

 

3. Akhlaq

3. Taisirul Kholaq

 

 

4. Tarikh

4. Khulashoh Nurul Yaqin 3

 

 

5. Hadits

5. Lubabul Hadits

 

 

6. Al-Quran / Tajwid

6. Yanbua 7

 

 

7. Nahwu

7. Nahwu Wadhih

 

 

8. Shorof

8. Amtsilati Tasrifiyyah

2

XI SMA

1. Aqidah

1. Aqoid Diniyah 4

 

 

2. Fiqh

2. Mabadi Fiqh 4

 

 

3. Akhlaq

3. Washoya

 

 

4. Tarikh

4. Khulashoh Nurul Yaqin 3

 

 

5. Hadits

5. Bulughul Marom

 

 

6. Al-Quran / Tajwid

6. Yanbua 6

 

 

7. Nahwu

7. Nahwu Wadhih

 

 

8. Shorof

8. Amtsilati Tasrifiyyah

3

XII SMA

1. Aqidah

1. Jawahirul Kalamiyah

 

 

2. Fiqh

2. Sulamut Taufiq

 

 

3. Akhlaq

3. Ta’limul Muta’alim

 

 

4. Tarikh

4. Khulashoh Nurul Yaqin 3

 

 

5. Hadits

5. Mukhtarul Ahadits

 

 

6. Al-Quran / Tajwid

6. Tuhfatul Athfal

 

 

7. Nahwu

7. Nahwu Wadhih

 

 

8. Shorof

8. Amtsilati Tasrifiyyah

 

Program Unggulan

 

1.      Kebahasaaan

2.      Bahasa Inggris

3.      Bahasa Arab

4.      Tahfidz

5.      Ketawadluan

Kegiatan Pondok

 
  1. Jam 03.45 Bangun pagi untuk mandi dan persiapan sholat Shubuh.
  2. Jam 05.00 Santri sarapan dan bersih bersih serta merapikan kamar tidur.
  3. Jam 05.45 Santri melakukan perwalian kamar dengan wali kamar masing masing.
  4. Jam 06.00-12.00 Pembelajaran Sekolah.
  5. Jam 12.00-13.30 ISHOMA.
  6. Jam 13.30-15.30 Pembelajaran Sekolah.
  7. Jam 15.30-16.00 Sholat Ashar di Masjid.
  8. Jam 16.00-16.45 Ekstrakulikuler / Kegiatan Kesiswaan.
  9. Jam 16.45-17.00 Persiapan Kajian Agama.
  10. Jam 17.00-17.45 Kajian Agama / Baca Al Qur’an.
  11. Jam 17.45-19.30 ISHOMA.
  12. Jam 19.30-20.00 Kajian Agama.
  13. Jam 20.00-21.00 Bimbingan belajar.
  14. Jam 21.00 Istirahat.

Prestasi - Prestasi Siswa dan Sekolah

 

Foto - Foto Prestasi

 

BRAMASTA RIO WARDHANA BIN BPK. SUWARJO

  • JUARA 1 PANAHAN Jarak 50 Meter POPDA Kabupaten Kendal 2020
  • JUARA 1 PANAHAN Jarak 40 Meter POPDA Kabupaten Kendal 2020
  • JUARA 1 PANAHAN jarak 30 Meter POPDA Kabupaten Kendal 2020
  • JUARA 1 Total Jarak POPDA Kabupaten Kendal 2020
  • JUARA 1 Beregu OPEN Tingkat DIY-Jateng 2019
  • JUARA 2 Beregu Magelang Open 2019
  • JUARA 3 Kendal Open Tingkat Jateng 2019

 

VIRANY NAZILA YODYKA PUTRI BINTI BPK. EDI SUKAMTO

  • JUARA 1 PANAHAN PUTRI Jarak 50 Meter POPDA Tingkat Kabupaten Kendal 2020
  • JUARA 2 PANAHAN PUTRI Jarak 40 Meter POPDA Tingkat Kabupaten Kendal 2020
  • JUARA 3 PANAHAN PUTRI Jarak 50 Meter POPDA Tingkat Kabupaten Kendal 2019
  • JUARA 1 PANAHAN PUTRI Jarak 40 Meter POPDA Tingkat Kabupaten Kendal 2019
  • JUARA 3 PANAHAN PUTRI Jarak 30 Meter POPDA Tingkat Kabupaten Kendal
  • JUARA 3 PANAHAN BEREGU Stadard Nasional Batang Open 2019

 

INDI BERLIANA PUTRI BINTI BPK. SUMARDI

  • JUARA 1 PANAHAN PUTRI Jarak 30 Meter POPDA Tingkat Kabupaten Kendal 2020

 

DIKA NUR ARIYANTO BIN H. BAMBANG S

  • JUARA 3 BAREBOW Kendal Open Tingkat Jawa Tengah 2019

 

ARUM VELIA HERAWATI BINTI BPK. MOH. MASHURI

  • JUARA 3 Tolak Peluru 3 Kilo gram POPDA Tingkat Kabupaten Kendal 2020

 

RIVALDI YUDHATAMA BIN BPK. DWI HENDARTO

  • JUARA 1 KARATE Keresidenan Kabupaten Pemalang 2020
  • JUARA 3 KARATE POPDA Tingkat Kabupaten Kendal 2020

 

KAREN AINUN JAYATRI

  • JUARA 3 KARATE PUTRI POPDA Tingkat kabupaten Kendal 2020

 

DENZACA YUDHA PRATAMA BIN BPK. ZACARIA

  • JUARA 1 KEJURNAS KARATE INKAI TINGKAT PROVINSI JAWA TENGAH 2019
  • JUARA 1 OPEN TEZOFRAS KARATE TINGKAT KABUPATEN TANGERANG SELATAN 2019
  • JUARA 2 KARATE DISPORAPAR TINGKAT PROVINSI JAWA TENGAH 2020
  • JUARA 1 KARATE POPDA TINGKAT KABUPATEN KENDAL 2020

 

RIFKI SURYA KUSUMA BIN BPK. SUPARJI

  • JUARA 1 PENCAK SILAT POPDA Tingkat Kabupaten Kendal 2020
  • JUARA 1 PENCAK SILAT POPDA Tingkat Karesidenan semarang 2020
  • JUARA 1 PENCAK SILAT POPDA Tingkat Kabupaten Kendal 2019
  • JUARA 1 PENCAK SILAT POPDA Tingkat Karesidenan Semarang 2019

Data Guru

 

No

Nama

Pendidikan

1

KARYANTO, S.Pd

S1, PENDIDIKAN KEOLAHRAGAAN

2

DEDI PRIYONO, S.Pd

S1, PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA

3

SAEFUL ALI MURTADHO, S.Pd.I

S1, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

4

LILIK KURNIAWATI, S.Pd

S1, PENDIDIKAN BIOLOGI

5

RENA LEGINA ISNINTIA, S.Pd.Gr

S1, PENDIDIKAN SEJARAH

6

SITI LESTARI, S.Pd

S1, PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA JAWA

7

RUSWATI, S.Pd

S1, PENDIDIKAN EKONOMI

8

IMAM TEJO KUSUMA, S.Hum

S1, ILMU SEJARAH

9

FITRIYANI, S.Pd

S1, PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA

10

ABDUL HARIS AMRULLAH, S.IP

S1, ILMU POLITIK

11

NUR AINI FITRIYAH, S.Pd

S1, PEND. FISIKA

12

SLAMET WIDODO, S.Pd

S1, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

13

NURUL AENI, S.Pd.Gr

S1, PENDIDIKAN MATEMATIKA

14

AKHMAD FAUZAN, S.Pd

S1, PENDIDIKAN MATEMATIKA

15

LARAS NUGRAHENI, S.Pd

S1, PENDIDIKAN IPS

16

NOVI PUJI LESTARI, S.Pd

S1, PENDIDIKAN KIMIA

17

TAUFIKUR ROHMAN, S.Pd

S1, PENDIDIKAN GEOGRAFI

18

ANY MASYRIFAH, S.Pd

S1, PENDIDIKAN MATEMATIKA

19

CATUR BUDIYATI, S.Pd.Gr

S1, PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

20

SUHARTANTO, S.Pd

S1, PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

21

RIYAN DEWI SAPUTRI, S.Pd

S1, PENDIDIKAN EKONOMI

22

M SALAFUDIN, S.Pd

S1, PENDIDIKAN FISIKA

23

ARI SUSANTO, S.Pd

S1 PENDIDIKAN KEOLAHRAGAAN

24

ADITYA KRISTIAWAN, S.Pd

S1, TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Jumlah Kelas

Kelas 10 berjumlah 6 kelas

Kelas 11 berjumlah 5 kelas

Kelas 12 berjumlah 4 kelas

Jumlah Rombel 15 Rombel

Alamat sekolah

 

Pondok Pesantren Modern Terbaik Di Jawa Tengah Dan Nasional (Terakreditasi : A) NSS : 304032414082 NIS : 300170 NPSN : 20321977 Jl. Soekarno Hatta Km. 3 Telepon (0294) 381567 K E N D A L Kode Pos : 51351 

Bisa Tanya Disini
1
Assalamu'alaikum,
Pondok Modern Selamat Kendal
Assalamu'alaikum,
Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2021/2022,
Kami Siap Melayani Anda..
( 082 134 850 920 )