SMA Pondok Modern Selamat Kendal unggul dalam kegiatan ekstrakurikuler, hal ini salah satunya dapat dilihat dari kesuksesan peserta didik dalam menerbitkan majalah. Melalui ekstrakurikuler Jurnalistik siswa dapat berinovasi dan mengasah bakat dalam mengapresiasikan hasil karya. Siswa mampu menuangkan ide dan kreasinya pada majalah, sehingga bakat yang dimiliki dapat tersalurkan.

Bentuk Kegiatan yang dilakukan dalam ekstra jurnalistik meliputi, pengumpulan bahan berita (Peliputan), pelaporan peristiwa (Reporting), penulisan berita (Writing), penyuntingan naskah (editing), dan penyebarluasan berita (Publlishing) melalui berbagai media. Hal ini tentunya dapat mengikis stigma masyarakat bahwa santri di pesantren bukanlah seseorang yang identik kolot dan terbatas pada informasi dan teknologi.

Jurnalistik SMA Pondok Modern Selamat Kendal memiliki tim redaksi yang diberi nama Redaksi Tirtayasa. Redaksi Tirtayasa aktif dalam meliput berbagai aktivitas kegiatan yang diselenggarakan sekolah juga berkarya dalam penyebaran berita, salah satu media yang digunakan adalah majalah ‘Suara Santri’ yang menjadi master plan dalam tiap tahunnya. Redaksi Tirtayasa telah sukses meluncurkan majalah suara santri yang merupakan edisi ke-3 nya. Redaksi tirtayasapun tak ketinggalan untuk mengangkat berbagai tema fenomena aktual yang menjadi trending news.

Siswa di pondok pesantren tentunya tak kalah saing dengan siswa lain yang berasal dari sekolah umum/non-pesantren. Walaupun dengan keterbatasan dan banyaknya kendala aktivitas kegiatan yang ada di pesantren, tak menurunkan semangat siswa dalam mensukseskan keberhasilannya menyelesaikan penyusunan majalah. Mereka memiliki daya kreasi yang tinggi hal ini tentunya juga sebagai upaya dalam meningkatkan literasi minat baca siswa SMA. Kesuksesan penerbitan majalah ‘Suara Santri’ edisi ke- 3 merupakan hasil dari usaha dan kerja keras para tim redaksi yang tergabung dalam ektrakurikuler Jurnalistik yang digawangi oleh Kartika Noviana Agustin yang kini duduk di kelas XII MIPA. Keberhasilan ini  juga tidak lepas dari motivasi dan dukungan dari guru, dan semua pihak yang ikut terlibat didalamnya. “ Saya berharap melalui majalah ini bisa mengapresisikan karya dan bakat siswa serta sebagai motivasi untuk para pembaca, khususnya SMA Pondok Modern Selamat” tutur Kartika Noviana Agustin. Pihak sekolah berharap dengan adanya penerbitan majalah ini dapat memicu semangat dalam belajar serta membentuk siswa yang berkualitas dalam berinovasi dan berkreasi. 

20 Comments

  1. Inilah mulai muncul generasi aktif, semoga kelak bisa menjadi sarana tumbuh kembangnya para penulis2 handal…. Selamat! jangan mudah puas untuk kreativitas, tetap konsisten berkarya Nak

Leave a Comment