Ditengah krisis pandemi global covid-19 siswa SMA PMS tidak serta merta mengalami stagnasi, mereka unjuk gigi ikut serta dalam berbagai ajang perlombaan, baik bidang kompetensi seni, minat bakat, maupun kompetensi bidang mata pelajaran. Olimpiade Sains nasional adalah suatu ajang kompetisi yang bertujuan untuk mengukur kompetensi siswa dalam bidang ilmu sains. Kompetisi ini mempertandingkan siswa dari berbagai penjuru di seluruh Indonesia.

Salah satu ajang kompetisi yang diikuti adalah olimpiade Sains nasional (OLNAS) 2021 secara daring yang diselenggarakan oleh Ruang Dosen Republik Indonesia (RDRI) kolaborasi antara STAI Yapnas Jeneponto, BRI dan percetakan NEM pada jenjang SMA Sederajat. Olimpiade ini dilakukan 2 tahapan, yakni babak penyisihan dan final. Tahap pertama yakni babak penyisihan dan serentak dilaksanakan melalui daring pada hari sabtu tanggal 27 Februari 2021. 

Olimpiade sains nasional merupakan agenda tahunan guna memacu semangat putra-putri bangsa sebagai wadah untuk menumbuhkan karakter kompetitor pada anak didik. Olimpiade ini juga bertujuan meningkatkan mutu pendidikan serta mengembangkan bakat dan minat dalam bidang sains. Ajang ini mengambil tema “ Olimpade Sains nasional mewujudkan geneasi cerdas, berkarakter, tangguh dan adaptif terhadap perubaan”. Pada pengumuman daftar siswa yang lolos dalam babak penyisihan yang diedarkan pada tanggal 5 Maret 2021 yang lalu, menyebutkan bahwa beberapa siswa SMA PMS berhasil masuk tahap babak penyisihan dengan memperoleh medali perak.

Medali perak ini diraih oleh berbagai macam bidang mata pelajaran antara lain, Pertama, bidang studi Biologi diraih oleh Resa Yunia Asih (XI MIPA 2) dan Naafi Dzikra Meyfandi (XMIPA 1),. Kedua, Bidang Studi Bahasa Inggris diraih oleh Art Fazil (XI MIPA 3) dan Viola Puriharfa (X MIPA 3). Ketiga, Bidang Studi Geografi diraih oleh Desi Sulistyaningsih (XI IPS 2) dan Viona Nurhandayani (X IPS 2), serta  Keemat, bidang studi Fisika diraih oleh Zulfa Annisa Rahmah (XI MIPA 1).

Besar harapan sekolah agar olimpiade ini bisa dijadikan sebagai salah satu langkah dalam memacu semangat anak-anak untuk bersaing dan berprestasi dalam berbagai ajang kompetisi. Mampu memberikan ruang dan gerak bagi anak-anak dalam mengejar impian dalam bidang sains. Pihak sekolah terus memberikan motivasi dan pendampingan yang maksimal guna mempersiapkan anak-anak agar dapat lolos ke babak final.

Leave a Comment