Momentum yang berangkat dari semangat nasionalisme terhadap NKRI yang begitu tinggi, tidak bisa terlepas dalam peristiwa Resolusi Jihad tanggal 22 Oktober 1945 yang digelorakan oleh Kiai Hasyim Asyari kepada seluruh santrinya. Semangat nasionalisme dan rasa cinta terhadap tanah air merupakan bagian dari iman serta membela dan mempertahankan NKRI adalah kewajiban bagi setiap orang Islam.

Karena peran besar para santri yang ikut pada Resolusi Jihad tersebutlah, yang pada akhirnya pada tanggal 22 Oktober 2014 Presiden Joko Widodo menetapkan sebagai Hari Santri Nasional, euforia perayaan Hari Santri Nasional sejak itu selalu menjadi momen yang ditunggu para santri di seluruh penjuru negeri. Tidak terkecuali oleh Pondok Modern Selamat Kendal.

Meskipun masih dalam masa pandemi Covid-19, namun tidak melunturkan semangat para santri di Pondok Modern Selamat Kendal untuk ikut serta dalam perayaan HSN tahun ini. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, mereka tetap antusias mengikuti setiap acara demi acara.

Acara perayaan HSN di Pondok Modern Selamat Kendal dibuka dengan pembacaan Maulid Simtudduuror, dilanjut dengan seremonial sekaligus pembukaan Hari Santri Nasional 2020. Tema acara tahun ini yaitu ‘Menumbuhkan Kreatifitas Santri untuk Meneguhkan Jati Diri Bangsa yang Islami.’ Dengan tema tersebut, diharapkan santri mampu kembali kepada jati diri seorang santri, melalui ajang lomba yang akan dilaksanakan.

Berbagai perlombaan pun sudah disiapkan oleh panita. Mulai dari lomba Duta Santri, Drama Santri, Menggambar Logo Santri, Musikalisasi Puisi, Sambung Ayat, Fashion Show, dan Santri Cermat. Para santri antusias mengikuti lomba demi lomba dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Keseruan dan semangat para santri Pondok Modern Selamat Kendal tidak bisa terlepas dari mereka yang benar-benar ingin menjadi santri yang sukses serta berguna bagi bangsa dan negara tercinta ini. Harapannya, momentum ‘Hubbul Wathon minal Iman’ ini tidak hanya sebatas perayaan tahunan semata, tetapi benar-benar bisa menjadi sarana menambah motivasi santri untuk meraih apapun yang dicita-citakan tanpa meninggalkan identitas mereka sebagai santri

5 Comments

Leave a Comment