Hari ini, tepat 92 tahun yang lalu, para pemuda yang berasal dari beberapa organisasi daerah, secara bersama-sama bersatu dalam sebuah bentuk kesadaran bahwa persatuan adalah kekuatan untuk melawan penjajah Belanda. Sehingga pada akhirnya, pada tanggal 28 Okotber 1928 terjadilah kongres pemuda yang melahirkan sebuah deklarasi. Deklarasi tersebutlah yang hingga kini dikenang sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Meskipun peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini tidak mengadakan upacara karena masih dalam masa pandemi covid-19, namun hal tersebut tidak melunturkan semangat para santri Pondok Modern Selamat Kendal dalam mengikuti acara lomba peringatan hari bersejarah ini. Momentum yang tepat untuk menyadarkan para santri betapa pentingnya semangat dalam kesatuan dan persaudaraan sebangsa dan setanah air.

Para santri Pondok Modern Selamat Kendal terlihat sangat antusias dalam mengikuti lomba-lomba yang telah diadakan. Lomba-lomba tersebut antara lain lomba baca teks sumpah pemuda, lomba cipta puisi, lomba padusa, lomba PBB, lomba kebersihan kelas, dan lomba drama angkatan. Mereka mengikuti setiap lomba dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, pakai masker, dan juga jarak.

Harapannya, semoga para santri dapat mengambil sebuah pelajaran dari momentum Hari Sumpah Pemuda bahwa semangat untuk membanggakan Indonesia bisa dimulai dari diri sendiri. Dengan sikat tawadluk dan terus menempa diri meningkatkan prestasi di Pondok Modern Selamat Kendal.

2 Comments

Leave a Comment