Oleh: Ahmad Asrori

            Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.

            Begitulah perintah Allah dalam QS. Al-Baqoroh : 201 tentang pentingnya keseimbangan dan integrasi—penggabungan— urusan dunia dan akhirat. Tentu, hal ini sangat erat hubunganya dengan keseimbangan dalam keilmuan umum dan agama (Islam). Sesuai dengan hadist rasulullah SAW. bahwa: “Barangsiapa yang menginginkan (kebahagiaan) dunia, maka hendaknya dengan ilmu. Barangsiapa yang menginginkan (kebahagiaan) akhirat, maka hendaknya dengan ilmu. Barangsiapa yang menginginkan (kebahagiaan) dunia akhirat, maka hendaknya dengan ilmu.”

            Fenomena saat ini, banyak yang mempersepsikan bahwa Islam (sebagai agama) seolah-olah terpisah dengan ilmu pengetahuan. Seakan ada sekat dimana rasionalitas ilmu pengetahuan tidak bisa menjelaskan atau dijelaskan oleh spiritualitas agama, begitu juga sebaliknya. Padahal, jika melihat faktor masa kejayaan umat Islam, sangat kental dengan keseimbangan kedua ilmu tersebut. Sebut saja, tokoh  muslim Al-khawarizmi memperkenalkan ilmu di bidang matematika, di antaranya teori aljabar, geometri dll.

            Maka, besar harapan Pondok Modern Selamat menggabungkan kedua keilmuan tersebut, yakni dengan menggabungkan pendidikan SMP dengan Madrasah Wustha sedangkan tingkat SMA rangkap dengan Madrasah Ulya. Madrasah merupakan tempat ataupun wahana dimana anak didik mengenyam pendidikan agama secara terencana, terpimpin dan terkontrol di bawah koordinasi Kementrian Agama (kemenag) RI. Semoga dengan upaya tersebut, mampu mencetak generasi cerdas, berprestasi dan berakhlaqul karimah. Amiin.

106 Comments

        1. Suatu usaha yang bagus untuk membangun generasi bangsa yg unggul bukan hanya pengetahuan umum saja tapi juga pengetahuan keagamaan

  1. Alhamdulillah, semoga dengan terintegrasinya pembelajaran umum dan pembelajaran agama bisa membekali anak-anak untuk mampu bersaing di era milineal ini

    1. Aamiin aamiin, lulusan pondok pesantren selamat bisa aktif di lingkungan sosial dan aktif kegiatan keagamaan di masyarakat

      1. ﻣَﻦْ ﺃَﺭَﺍﺩَ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻓَﻌَﻠَﻴْﻪِ ﺑِﺎﻟْﻌِﻠْﻢِ، ﻭَﻣَﻦْ ﺃَﺭَﺍﺩَ ﺍﻷَﺧِﺮَﺓَ ﻓَﻌَﻠَﻴْﻪِ ﺑِﺎﻟْﻌِﻠْﻢِ، ﻭَﻣَﻦْ ﺃَﺭَﺍﺩَﻫُﻤَﺎ ﻓَﻌَﻠَﻴْﻪِ ﺑِﺎﻟْﻌِﻠْﻢِ

  2. Adanya integrasi ilmu dan agama ini akan bisa mengikis dan menghapus sikap fobia terhadap segala sesuatu yang berasal dari sumber vertikal.

  3. Sudah saatnya kita harus menghilangkan dikotomisasi antara sains
    dan agama. Sudah lama, kita merindukan sebuah harmoni yang par
    excellence antara sains dan ruh spiritualitas agama. Sudah saatnya, sains
    dan agama harus menghadirkan kesadaran yang muncul lewat pandangan-
    pandangan yang lebih harmonis, holistik, dan komprehensif

  4. Pesantren menjadi institusi pendidikan yang kini mulai banyak digemari. Sebab, institusi ini tidak hanya mengajarkan materi formal seperti ilmu-ilmu agama melainkan juga mendidik akhlak para santri.

  5. Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang. Insya Allah santri PMS Bisa mewujudkan impiannya.

  6. tepat sekali integritas yang tinggi membuat kesadaran akan ilmu pengetahuan semakin tinggi, dan tentunya itu semua ada dalam ajaran agama kita, sebagai muslim yang progressive….

Leave a Comment