Setelah lima bulan sejak pemerintah mewajibkan belajar dari rumah, kini santri Pondok Modern Selamat Kendal sudah siap untuk menyambut santri kembali belajar di pondok di tengah pandemi sesuai anjuran penerapan new normal yang pemerintah canangkan beberapa minggu yang lalu. Tentunya sesuai prosedur dan protokol kesehatan serta persiapan teknis menjelang penyambutan yang sudah lama disiapkan.

            Beberapa fasilitas, mulai dari gedung-gedung, masjid, ruang kelas, gazebo, kamar santri, dapur makan, dan kamar mandi sudah di-setel sedemikian rupa untuk menyambut new normal di pesantren ini. Pondok Modern Selamat Kendal pun sudah menyiapkan beberapa kebijakan untuk penyambutan kedatangan santri kembali ke pondok. Kebijakan tersebut salah satunya dengan membagi jadwal kedatangan berdasarkan angkatan, sehingga tidak semua datang dalam kurun waktu sehari. Hal itu untuk mencegah kerumunan dan mendukung social distancing.

Selain itu, Pondok Modern Selamat Kendal juga mewajibkan santri yang masih di rumah untuk karantina mandiri di rumah selama 14 hari sebelum kembali ke pondok dan santri maupun orang tua atau yang mengantarkan wajib membawa hasil dari rapid tes (non reaktif) dari dinas kesehatan setempat atau rumah sakit yang sudah ditunjuk, pelaksanaan rapid tes sehari sebelum keberangkatan.

Sedangkan dalam proses penyambutannya, Pondok Modern Selamat Kendal akan menerapkan serangkaian tahapan sebelum santri masuk ke asrama. Pengecekan tersebut dilaksanakan di Gedung Rektorat UNISS yang berada di timur area pondok.

Santri yang datang akan diarahkan ke Gedung Rektorat UNISS, dengan mengendarai kendaraan pribadi. Kendaraan akan disemprot dengan desinfektan terlebih dahulu sebelum menuju ke dalam area parkir. Setelah itu, mereka akan diarahkan untuk menuju ke ruang pengecekan dengan mencuci tangan pakai sabun terlebih dahulu. Santri akan dicek suhu tubuhnya, jika melebihi dari 37,0 derajat maka akan diwajibkan karantina di ruang khusus karantina. Namun, jika kurang dari 37,0 derajat mereka akan diarahkan untuk pengecekan selanjutnya.

Bagi yang lolos pada pengecekan suhu, santri wajib menyerahkan hasil rapid tes ke petugas dan mereka akan diwawancarai terkait dengan kebiasaan dan riwayat kesehatannya selama di rumah. Santri juga harus menyelesaikan administrasi bagi yang belum lunas administrasi. Pengecekan terakhir, petugas akan mengecek barang-barang yang dibawa termasuk barang-barang wajib selama new normal seperti masker dan handsanitizer. Jika sudah lengkap dan selesai, santri akan diarahkan ke area pengantaran untuk diantar ke asrama menggunakan mobil pondok, sekaligus memberitahukan kepada orang tua yang tidak diperbolehkan masuk ke area asrama.

  Harapannya, semua santri yang sudah belajar kembali di Pondok Modern Selamat Kendal ini bisa mengikuti berbagai kegiatan yang baru dan mungkin akan berbeda dari sebelumnya selama pandemi covid 19 ini. Dengan tetap menomorsatukan kesehatan santri, pelaksanaan kegiatan-kegiatan pesantren akan tetap menggunakan protokol kesehatan.

7 Comments

    1. Alhamdulillah kedatangan kloter 1 diberikan kelancaran dan anak-anak sehat semua, semoga yang kloter berikutnya juga diberikan kelancaran.Aamiin

  1. kedatangan kloter pertama berjalan lancar. Semoga tetap dalam keadaan sehat sehat nggih, baik santri dan seluruh warga Pondok Modern Selamat kendal.

    1. Kami yg jauh diluar pulau jawa,karena ribet dng tiket pesawat dan izin kerja .mengikuti surat edaran yg pertama yaitu masuk ke pondok tgl 25 karena sudah terlanjur boking dan ijin cuti dikantor.mudahan lancar semuanya.amin

  2. Semoga seluruh santri diberikan kemudahan dalam mencari ilmu yang bermanfaat, dan selama pandemic ini semoga semua santri, guru dan seluruh personal keluarga besar pondok modern selamat selalu diberikan kesehatan. Amin

Leave a Comment