Oleh: Tri Wahyuningsih, S.Pd.

Pelaksanaan cap tiga jari dan pengambilan ijazah jenjang SMA di Pondok Modern Selamat (PMS) Kendal, dilakukan oleh kedua sekolah yakni SMA Pondok Modern Selamat dan SMA Unggulan PMS. Pelayanan cap tiga jari dan pembambilan ijazah dilaksanakan pada hari Senin sampai Sabtu (mulai tanggal 2 Agustus 2021), pukul 07.00 – 14.00 WIB di Gedung STIESS (Gerbang 3).

Ijazah merupakan salah satu dokumen penting hasil belajar selama 3 tahun dan penerbitannya pun tidak sembarangan, hanya diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Maka dari itu, Pondok Modern Selamat Kendal mengizinkan pengambilan ijazah dengan berbagai macam syarat dan protokol kesehataan yang ketat.

Mengingat ijazah ini digunakan pula oleh para santri sebagai syarat memasuki pendidikan jenjang selanjutnya. Di antaranya ada yang digunakan untuk mendaftar kuliah, TNI/Polri, bekerja dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, pelayanan e-ijazah berupa scan juga dilayani dengan semaksimal mungkin, ketika ada kebutuhan santri yang mendesak, mengingat santriwan santriwati Pondok Modern Selamat berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam pelaksanaan kegiataan tersebut, lebih lagi di masa pandemi covid 19 seperti saat ini, pondok mengeluarkan perarturan pengambilan ijazah, yakni para santri harus melaksanakan 5 M (mencuci tanggan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan). Berdsarkan hal tersebut, kuota atau kapasitas pengambilan ijazah dibatasi hanya 20 santri perharinya. Para santri wajib mengkonfirmasikan kedatangannya kepada Penanggung Jawab (PJ) pada setiap sekolah masing-masing, untuk mencegah adanya kerumunan.

51 Comments

  1. Selamat ya anak-anakku semoga bisa ber peran di lingkungannya dimana anak-anakku berada
    terima kasih pak, bu sudah mengantarkan anak-anak

    1. Selamat anak-anak yang sudah lulus tahun ini. Lulus bukan menjadi akhir perjuangan justru awal dari perjuangan sesungguhnya. Semoga ilmunya bermanfaat yaa nak

  2. Ijazah merupakan surat berharga untuk banyak kepentingan, lulusan PMS pasti membutuhkan ijazah untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya

  3. Semoga para widusawan yg telah mengambil ijazahnya melanjutkan studinya ke jenjang yg lebih baik, dan ilmunya bermanfaat dunia akhirat.

Leave a Comment