Oleh: Ahmad Asrori

“Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan al- Qur’an sebagai petunjuk (al-Hudaa) bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan sebagai pembeda (al-Furqan)”

Demikianlah, potongan ayat dalam QS. al-Baqarah : 185 tentang kemuliaan bulan ramadhan. Ramadhan menjadi bulan yang dinantikan umat muslim se-dunia. Sebab, pada bulan ramadhan segala aktifitas kebaikan akan dinaikan nilai pahalanya. Maka, hal tersebut menjadi sebuah momen yang langka setiap tahunya, sehingga seluruh umat muslim berbondong-bondong untuk memborong pahala pada bulan ramadhan dengan meningkatkan aktifitas kebaikan, seperti sholat tarawih berjama’ah, tadaruz al-Qur’an dan lain sebagainya.

Mengingat bulan ramadhan sebentar lagi, maka segala persiapan harus segera disiapkan. Dari mulai fisik dan mental. Sebab, pada bulan ramadhan, umat muslim diwajibkan berpuasa satu bulan penuh, sebagai wujud bukti orang yang beriman kepada Allah. Aktifitas puasa tidak hanya sekadar menahan lapar dan dahaga, melainkan wasilah untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. seperti dalam QS. Al-Baqarahayat183 :“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana di wajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.”

Dengan demikian, PMS Kendal dengan semangat mempersiapkan kedatangan bulan ramadhan dengan mensucikan hati melalui mengaji al-Qur’an setiap hari. Al-Quran mampu mejadi obat bagi manusia yang sakit hati, seperti dalam QS. Ar-Ra’adayat28 :“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.”  Mari kita sucikan hati, untuk menyambut bulan yang suci dengan mengaji al-Qur’an setiap hari.

67 Comments

  1. Mari kita siapkan kesehatan untuk menyongsong bulan romadhon yang penuh berkah, semoga ridho Allah menyertai kita Aamiin

Leave a Comment