Oleh: Ahmad Asrori

            Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya

            Demikianlah, amanat Ir. Soekarno kepada bangsa Indonesia tentang pentingnya menghormati jasa para pahlawan. Pengorbanan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak bisa dianggap remeh, karena para pahlawan telah mengorbankan pikiran, jiwa, raga, dan bahkan nyawa untuk meraih kemerdekaan. Pengorbanan mereka tidak berpamrih apa-apa, melainkan ketulusan dalam hati untuk meraih cita-cita bangsa. Hal ini, selaras dengan pernyataan Mohammad Hatta bahwa “Pahlawan yang setia itu berkorban bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita”.

            Dalam memperingati hari pahlawan 10 November 2021 kemarin, Pondok Modern Selamat (PMS) Kendal memperingati dengan berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut meliputi upacara virtual, perlombaan (lomba IPA MGMP Kab. Kendal, lomba k3, dan lomba PBB)  kelas dan pengisian majalah dinding (mading). Tujuan kegiatan tersebut adalah sebagai wasilah atau lantaran agar para santri mengenang jasa para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawa demi kemerdekaan.

            Semoga dengan diadakan berbagai kegiatan tersebut, dapat mengingatkan jasa para pahlawan kepada para santri dalam merebut kemerdekaan Indonesia dan dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air untuk tetap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebab, jika tidak diadakan kegiatan untuk memperingati hari pahlawan, generasi penerus akan lupa bahkan tidak tahu perihnya merebutkan kemerdekaan Indonesia dari cengkraman penjajah. Wallahu A’lamu Bi Al-Showaab.

59 Comments

  1. Menghargai jasa pahlawan tidak hanya mengenang dalam hati dan berterima kasih, melainkan juga dengan meneladani sikap dan perbuatan mereka.

Leave a Comment