Oleh: Ahmad Asrori

            “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan”

Begitulah wasiat Imam Syafi’i kepada umat Islam tentang pentingnya mencari ilmu di waktu muda. Menjadi sebuah keharusan setiap individu untuk mencari ilmu, lebih lagi di waktu muda. Karena belajar di waktu muda ibarat melukis di atas batu, sedangkan belajar di usia tua ibarat melukis di atas air, sehingga ilmu akan sulit masuk ketika belajar di waktu tua.

Maka, Pondok Modern Selamat (PMS) Kendal terus berusaha semaksimal mungkin untuk menggembleng para santriya agar memiliki kualitas yang mumpuni, sehingga ketika terjun di masyarakat akan siap dan mampu menjadi suritauladan yang baik. Di antara metodenya adalah dengan mengadakan pelatihan kuliah tujuh menit (kultum), tidak hanya dengan pelatihan melainkan praktik langsung di depan untuk menyampaikan materi yang sudah disiapkan dengan matang. 

Praktik kultum dilaksanakan pada hari Ahad setalah jamaah dhuhur dan ashar, dengan dengan audien seluruh santri PMS Kendal. Semoga dengan diadakannya kultum tersebut, mampu melatih public speaking dan mental para santri PMS untuk menyampaikan materi di depan umum. Sebab, kebutuhan ini sangat digunakan di tengah masyarakat. Amiiin

1 Comment

Leave a Comment