Oleh: Ahmad Asrori

“Tunjukkan tamanmu dan aku akan memberitahumu siapa dirimu.”

Demikian pesan Alfred Austin—penyair asal Inggris—akan pentingnya merawat tanaman. Tanaman seseorang akan mencerminkan sejauh mana kepribadian dan kepekaan terhadap lingkungan. Hal ini juga selaras dengan perintah Allah kepada manusia, yakni ditunjuk sebagai kholifah atau pemimpin untuk mensejaterakan dan merawat bumi dengan cara melakukan penghijauan.

Maka perlu kiranya menanamkan kecintaan dan tanggung jawab merawat bumi kepada generasi penerus bangsa sejak dini. Seperti yang dicontohkan Pondok Pesantren Modern Selamat (PMS) Kendal, yaitu mengenalkan nama ilmiah tanam dan pentingnya merawat tanaman di kawasan Agro PMS Kendal kepada seluruh santrinya. Di antara tanamanya adalah jati (Tectona grandis), sawo (Manilkara zapota), jambu biji (Psidium guajava), melati (Jasminum), bunga sepatu (Hibiscus rosa-sinensis), Sri Rejeki (Aglaonema), Jambu air (Syzygium aqueum), kelengkeng (Dimocarpus longan), palem jari (Rhapis excels) dan lain sebagainya. 

Semoga dengan mengenal nama ilmiah tanaman-tanaman di kawasan Agro PMS Kendal, dapat menumbuhkan rasa kecintaan dan tanggung jawab untuk merawatnya. Sehingga, akan terbentuk generasi yang mencintai alam dan sekitarnya, serta tidak mengeksploitasi hutan untuk kepentingan segelintir orang. Wallahu A’lamu Bil Al-showwaab.

38 Comments

  1. secara tidak langsung siswa belajar setiap kali berjalan-jalan di area pondok. karena belajar di luar kelas juga perlu

Leave a Comment