“Jika engkau tak sanggup menahan lelahnya belajar, maka engkau harus sanggup menanggup perihnya kebodohan”

Demikianlah pesan Imam Syafi’i kepada seluruh pelajar, bahwa belajar harus sabar dan penuh dengan pengorbanan. Pesan itu jugalah yang disampaikan Pak Kusnadi, S.Pd.I. kepada seluruh peserta daroh Qur’an (progam percepatan hafalan al-Qur’an) PMS Kendal. Progam tersebut telah terlaksana dari tanggal 1-12 April 2022 dan progam tersebut diadakan oleh HPPQ PMS Kendal. Peserta dauroh mencapai 51 santri, yang terdiri dari SMP dan SMA PMS Kendal. Antusiasme santri sangatlah tinggi, karena momen ini merupakan momen yang jarang dan momen yang tepat untuk mempercepat hafalan al-Qur’an.

Ahmad Asrori, S.H.—pembina HPPQ— juga berpesan kepada peserta dauroh Qur’an, bahwa Allah sudah menjamin kemudahan dalam menghafal al-Quran, yakni terdapat dalam QS. Qomar ayat 22, yang artinya: “Dan Sungguh kami telah memudahkan al-Quran (menghafal), bagi orang yang mau mengingatnya (menghafalnya)”. Allah tidak akan menghianati janjinya, maka bisa dan tidak bisa kita menghafal al-Quran tergantung sejauhmana keseriusan kita dalam menghafalkanya.

Asrori juga berpesan, bahwa target dua minggu masa dauroh ini adalah minimal satu juz, dengan langkah satu hari minimal 2 halaman dan murojaah 2 juz. Dauroh harus menjadi ajang latihan dan penggemblengan hafalan al-Qur’an, karena jika kita sukses dalam progam ini, maka metika masa sekolah kita akan terbiasa dengan target tersebut. Hal yang terpenting lagi adalah, kita harus menganggap menghafal al-Quran seperti bermain agar kita tidak bosan, bahkan akan senang dalam menjalani proses menghafal al-Quran.

            Langkah ini, merupakan wujud langkah konkrit PMS Kendal dalam mewujudkan progam unggulan Tahfidz Al-Qur’an. Karena, sebuah kesuksesan harus diawali dengan langkah pasti, meskipun dalam proses menghafal mengalami banyak kesulitan. Semoga santri-santri yang mengikuti progam ini dan umunya kepada seluruh santri PMS Kendal menjadi generasi qurani, yakni mampu menghafal, mengamalkan dan memperjuangkan al-Qur’an. Wallahu A’lamu Bi Al-Showaab.

Author: Admin

20 Comments

  1. “Jika engkau tak sanggup menahan lelahnya belajar, maka engkau harus sanggup menanggup perihnya kebodohan”
    Semangat menjaga dan menambah haflan al-Qur’an anak2 PMS Kendal.

Leave a Comment