Yayasan Selamat, berdiri sejak tahun 1992 yang didirikan oleh Bapak H. Slamet Soemadyo, seiring perkembangan waktu Yayasan Selamat melakukan perubahan nama menjadi Yayasan Wakaf Selamat Rahayu pada tahun 2007. Yayasan Wakaf Selamat Rahayu bergerak di bidang Pendidikan, sosial, dan keagamaan meliputi Pondok Pesantren Modern Selamat, Universitas Selamat Sri (UNISS), Area Manasik Haji Selamat Rahayu, dan upaya merintis Pelayanan Perjalanan Umroh / Haji Selamat Rahayu.

Area Manasik Selamat Rahayu berada di Jl. Raya Batang-Semarang KM 14 Clapar Subah – Batang. Area Manasik ini bertujuan memberikan bimbingan peragaan dan tuntunan untuk mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan rukun, wajib, dan sunnah haji serta umroh dengan menggunakan miniatur Ka’bah. Manasik Haji dan umroh Selamat Rahayu dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, sehingga dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan pengunjung guna melakukan manasik haji dan umroh. Fasilitas yang tersedia antara lain; area tawaf, area Sa’i, area Arafah, area Mina, area lempar jumroh, serta tiruan masjid Nabawi. Juga terdapat kantin, toilet, ruang pertemuan, mushola, hall, serta ruang parkir yang cukup luas . Area bimbingan manasik haji ini diharapkan menampung pengunjung kurang lebih 500 orang perharinya, dengan tiket masuk sebesar Rp 20.000,00 per orang.

Harapan dari Yayasan Wakaf Selamat Rahayu dengan dibangunnya Manasik Selamat Rahayu yaitu untuk mempermudah dalam memahami tentang ibadah haji/umroh bagi para santri Pondok Modern Selamat dan bagi masyarakat sekitar baik secara teoritis maupun praktis serta melatih diri agar mengetahui dan terbiasa  dengan hal-hal yang harus dilakukan selama menunaikan ibadah haji maupun umroh ditanah suci Mekah.

Leave a Comment