SMA Pondok Modern Selamat Kendal kini sudah mulai memberlakukan pembelajaran tatap muka (Luring) ditengah pandemi. Pemerintah telah mencanangkan bahwa Indonesia kini sudah menerapkan New Normal di berbagai daerah khususnya Kabupaten Kendal. SMA Pondok moderen selamat telah memberlakukan dua model pembelajaran yakni Daring dan Luring yang dapat diikuti oleh santri. Santri yang memilih pembelajaran Daring kegiatan belajar mengajar masih dilakukan secara online. Sedangkan bagi santri yang berkenan pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka langsung (Luring), maka pemberangkatan santri baru ke pondok dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2020 lalu.

Berbagai upaya yang dilakukan oleh Pondok Modern Selamat Kendal dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang aman dan memastikan kesehatan santri dan guru tetap terjaga dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Setiap santri diharapkan dapat mengikuti aturan yang sudah diterapkan Pondok guna menyukseskan kegiatan pembelajaran di tengah pandemi yang terjadi saat ini. Baik di asrama, sekolah maupun area pondok lainnya santri dan guru diwajibkan selalu memakai masker, face shield, mencuci tangan dengan hand sanitizer serta jaga jarak.

Kegiatan yang dilakukan oleh santri di hari ke-2, Jumat 07 Agustus 2020 yakni diawali dengan sholat subuh berjamah di masjid Sualman dengan tetap memerhatikan jarak shof sholat yang sudah diatur. Santri bersiap untuk ke sekolah dengan apel pagi di halaman asrama yang dilaksanakan pukul 05.45 WIB. Kegiatan di sekolah diawali dengan pembacaan asmaul husna dan menyanyikan lagu mars pondok di kelas yang sudah terbagi. Sebelum mengikuti pembelajaran, Petugas Kesehatan pondok berkunjung ke setiap kelas untuk melakukan pemeriksaan pengukuran suhu dan pengecekan berat badan setiap santri. Pemeriksaan kesehatan ini sangat penting untuk mengetahui dan mengantisipasi kemungkinan adanya gejala virus Covid-19. Perlu diketahui bahwa suhu tubuh normal manusia bisa berubah waktu, suhu tersebut bisa juga lebih tinggi atau rendah.

Setelah melakukan pengecekan kesehatan, Santri beserta guru melaksanakan Khotmil Quran di hall SMA PMS yang dipimpin oleh Pak Saeful Ali, S.Pd. yang dimulai pukul 07.00 hingga 07.30. Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan KBM dimulai pukul 07.30 hingga 09.00. Agenda ini kemudian dilanjutkan kembali dengan senam bersama yang diikuti oleh santri beserta guru. Gerakan senam dibawah sinar matahari pagi dalam masa pandemi ini sangat bermanfaat. Sinar matahari pagi selain sebagai vitamin D yang baik bagi tubuh juga bermanfaat guna meningkatkan imunitas tubuh.

Harapan besar bagi SMA Pondok Moderen Selamat Kendal agar kondisi pandemi saat ini segera membaik, sehingga bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan yang diharapkan. Upaya yang dapat dilakukan saat ini adalah menyelenggarakan proses pembelajaran di tengah pandemi dengan tetap memerhatikan protokoler kesehatan yang berlaku.

8 Comments

  1. Tetep semangat anak-anak dan Pak Bu guru, kita ikhtiyar pembelajaran di masa pandemi ini, semoga mendapatkan Ridho Nya..Aamiin

  2. Semoga Allah melindungi para santri PMS dari covid-19. Sehingga bisa melaksanakan kegiatan tholabul’ilmi dan ‘ibadah seperti biasanya.

    1. Pandemi covid 19 bukan untuk menyurutkan semangat belajar anak, tapi sebaliknya sebagai pemacu untuk terus belajar mengukir prestasi anak

  3. Tetap semangat anak2ku, semoga perjuangan kalian di pondok walaupun dalam kondisi pandemi akan membuahkan hasil yg terbaik di kemudian hari

  4. Mudah-mudahan Allah selalu melindungi semua santri, guru dan karyawan PMS, sehingga dalam KBM berjalan lancar, para santri krasan dan mendapat ilmu yang bermanfaat

  5. Los dol,,ndang lanjut lehmu sekolah, cek kabeh apalane, yen rung katam, rampungne…

    Tenan mbak mas Santri, yen kesusu bali, kabarmu ditunggu karo wong tuomu.,..
    Mulih omah sangu ilmu mondokmu…

Leave a Comment