Oleh: Ahmad Asrori

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ

“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-quran, sebagai petunjuk bagimanusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).” (QS. Al-Baqarah: 185)

Dari ayat tersebut sudah jelas, bahwa proses awa lturun al-Qur’an (nuzulul Qur’an ) adalah pada bulan Ramadhan. Umumnya umat muslim memperingati nuzulul Qur’an adalah pada malam 17 Ramadhan. Berdasarkan kalender Masehi 17 Ramadhan 1443 H, jatuh pada Selasa 19 April 2022. Peristiwa tersebut menjadi pertanda awal kenabian Nabi Muhammad SAW., diangkat menjadi seorang nabi sekaligus menjadi mu’jizat yang luarbiasa. Sebab, membacanya bias mendapat pahala dan isinya mampu menjadi petunjuk bagi seluru umat manusia.

Agar mampu menjadi petunjuk bagi seluruh umat manusia, maka  manusia memiliki tujuh kewajiban terhadap al-Qur’an. Pertama, membacanya. Selaras dengan namanya, al-Qur’an yang berarti bacaan. Membaca al-Qur’an tidak boleh sembarangan, tetapi harus benar sesuai kaidahnya yakni tajwid. Kalau al-Qur’an dibaca dengan benar, akan melahirkan nuansa yang indah, terutama pada rimanya yang unik dan teratur, sehingga akan melahirkan kenyamanan bagi siapapun yang mendengarnya. Kedua, mengetahui arti literal kata-kata yang digunakan dalam al-Qur’an. Ketiga, menghafalkan al-Qur’an. Menghafal al-Qur’an akan lebih mudah jika sudah mengetahui arti kosakatanya.

Keempat, merenungkan al-Qur’an. Menurut beberapa ahlitafsir, al-Qur’an diibaratkan seperti permata berbentuk heksagonal. Artinya, jika al-Qur’an direnungkan secara mendalam, akan memunculkan pemahaman baru dan solusi pada kehidupan di dunia. Kelima, mengamalkan atau melaksanakan isi kandungnya. Keenam, mengajarkanya. Melihat pentingnya al-Qur’an bagi seluruh umatmanusia, maka harus ditularkan kegenerasi berikutnya, yakni dengan mengajarkanya. Ketuhuh, memperjuangkannya. Hal ini berarti mampu mentransformasikan isi al-Qur’an dalam kehidupan bersama. Dengan demikian, Pondok Modern Selamat Kendal berupaya sekuat tenaga dalam mendidik para santri agar mampu memenuhi kewajibanya terhadap al-Quran. WallhuA’lamu bi al-Showaab.

47 Comments

  1. Nuzulul Qur’an adalah salah satu peristiwa yang luar biasa bagi umat islam. Karena dimalam itu diturunkanlah Al-Qur’an kepada Rosulullah Muhammad SAW.

  2. tidak hanya bisa memperingati Nuzulul Qur’an akan tetapi bisa merefleksikan apa yang terkandung didalamnya

Leave a Comment