Muhadarah Angkatan 29 PMS Kendal Menjadi Penutup Muhadarah Tahun Ajaran 2021/2022

“Semoga kegiatan muhadarah di akhir tahun ajaran 2021/2022 ini, menjadi ajang mengasah mental, kreatifitas dan kekompakan serta mempraktikkan teori ilmu kemasyarakatan”

Demikianlah harapan Bapak Ghufroni Misbahuddolam kepala Bagian Keagamaan PMS Kendal tentang Muhadarah angkatan 29 PMS Kendal. Muhadarah ini diketuai oleh Brilly Ashoda Anton Junior putra dari Ibu Pimpinan Pondok Pesantren Modern Selamat:Ibu Hj. Rahayuningsih, S.E., M.M.. Kegiatan muhadarah merupakan ikhtiar Pondok Pesantren Modern Selamat Kendal untuk mendidik dan mencetak santri untuk berkontribusi di tengah masyarakat, sehingga akan bermanfaat keberadaanya. Hal ini selaras dengan hadist Nabi Muhammad SAW. Yang berbunyi: “Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Thabrani dan Daruquthni).

Menjadi sebuah keharusan dan hal yang wajar, seorang santri menguasai ilmu kemasyarakatan. Sebab santrilah yang nanti akan menjadi garda terdepan, ketika masyarakat dihadapkan dengan problematika dan ritual keagamaan yang bersifat komunal. Misalnya tradisi tilawah, MC, dan pidato. Maka, santri harus benar-benar di pastikan dan memastikan dirinya matang dalam keilmuan, sehingga mampu untuk meperjuangkan agama di tengah masyarakat.

Dengan demikian, PMS Kendal berusaha semaksimal mungkin membekali keilmuan kemasyarakatan kepada seluruh santri. Bahkan, tidak hanya dalam hal teori, tetapi juga praktik langsung,  misalnya dalam acara Muhadarahada MC, tilawah, dan pidato. Semoga dengan upaya tersebut, PMS Kendal mampu mencetak santri berkualitas dan siapun tuk berkontribusi di tengah  masyarakat. Amiin.

Oleh: Ahmad Asrori

106 Comments

  1. Alhamdulillah penampilan muhadloroh yg sangat luar biasa, dengan dipimpin oleh Guz Brilly berasa wah banget. Mantap…
    #29

  2. Semoga tahun depan bisa lebih baik dan lebih lagi untum semua santri pms dalam mengembangka ilmu kemasyarakatanya

    1. Terlihat dari muhadarah ini, kreativitas anak begitu luar biasa ketika di berikan waktu dan kesempatan.

  3. Muhadharah merupakan salah satu ajang mengasah bakat.. Alhamdulillah satri diberikan wadah dalam mengasah bakat, belajar bekerjasama dan belajar menjadi pemimpin.

Leave a Comment