Seperti yang kita tahu, kebiasaan masyarakat di sekitar kita yaitu selalu memulai sebuah acara keagamaan dengan pembacaan Tilawah Al-Quran. Semisal acara walimatul ursy (pernikahan), walimatul khitan, peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, dan acara keagamaan lainnya. Kebiasaan membaca beberapa ayat suci Al-Quran sebelum memulai acara termasuk ke dalam sunah yang juga sering dilakukan oleh para sahabat Rasul seperti yang diriwayatkan Imam Khatib Al Baghdadi dalam kitab Al- Faqih wal Mutafaqqih. Karena Al-Quran adalah mukjizat yang membawa berkah bagi seluruh umat. Sehingga lantunan ayat yang dibacakan oleh Qori’ atau Qori’ah akan memberi berkah bagi orang – orang yang duduk dalam majelis tersebut.

Di Pondok Modern Selamat Kendal ada program Seni Baca Al-Quran yang diharapkan akan memunculkan bibit Qori’ dan Qoriah yang handal. Tidak hanya fokus pada penggunaan nada dan irama yang indah. Ustadz dan Ustadzah juga membenarkan makhorijul hurufnya. Membaca Al-Quran dengan benar memang sangat penting sebab bila salah mengucapkan satu huruf saja makan makna dari ayat menjadi tidak sesuai dengan firman Allah semestinya. Tak jarang pula santri membawa pulang piala dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat SMP maupun SMA. Tidak sekedar meraih prestasi, harapannya agar anak didik kami, santri dan santriwati di PMS memiliki akhlak Al-Quran.

Kitab suci Al-Quran tidak hanya cukup untuk dibaca, akan tetapi yang lebih penting adalah bagaimana umat Islam bisa mempelajari dan mengamalkan isi kandungannya dalam keseharian. Menjadikannya landasan kehidupan dalam segala hal. Menanamkan kecintaan Al-Quran pada generasi muda sedari dini adalah sebagai benteng perlindungan diri terhadap kemerosotan moral. Agar para santri semakin terarah dan selalu berhati – hati setiap melakukan aktivitas apapun.

40 Comments

    1. Tidak salah memang memasukkan anak ke pondok modern selamat. Bagi orang tua yang masih bingung mencari sekolah untuk anaknya, masukkan saja ke pondok modern selamat.

  1. Pondok modern selamat sudah mencetak generasi Qur’ani melalui kegiatan tilawah, sehingga diharapkan anak-anak tidak hanya bisa mnjadi qori maupun qori’ah tapi juga bisa mengamalkan apa yg terkandung dalam Al Qur’an.

  2. Pondok modern selamat kendal, mencetak banyak qori’ dan qoriah. Dengan bimbingan dari ustadz dan ustadzah yang berkompeten di bidangnya. Maju terus PMS kendal.

  3. Silahkan bapak ibu,, daftarkan putra putri panjenengan ke pondok modern selamat,,
    Banyak program2,keterampilan dan pelatihan yg dapat meningkatkan bakat dan kemampuan anak2 panjenengan untuk lebih berprestasi,,

  4. Mengharap barokahnya, namun tidak mau belajar membaca Al-Qura’an?
    Yuk belajar bersama kita, belajar, memghafal, dan memahami isi kandungan Al-Qura’n.
    Pondok Modern Selamat Kendal

  5. من قرٱ حرفا من كتاب الله فله به حسنة والحسنة بعشر أمثالها، لا أقول الم حرف ولكن الف حرف و لام حرف وميم حرف(رواه الترميذي)” Barang siapa membaca satu huruf dari huruf al- Qur’an( kitab Alloh SWT) maka dia mendapatkan satu kebaikan dan akan dilipatkan menjadi 10 kali, aku tidak membaca aliflaammiim satu huruf melainkan alif satu huruf laam satu huruf dan miim satu hufuf( H.R. Imam Muslim)

Leave a Comment