Pandai ilmu agama adalah salah satu tujuan yang ingin dicapai setiap orang tua atau wali santri yang mempercayakan proses belajarnya di Pondok Modern Selamat Kendal. Selain banyaknya kegiatan extrakulikuler yang diberikan Pondok kepada santri-santrinya, pendidikan agama tetap menjadi tujuan utama.

Tidak hanya diberi ilmu agar tau namun juga dibimbing agar mampu untuk mengaplikasikan dalam kesehariannya, salah satu kegiatan santri yakni sholat berjamaah dan tadarus Al-Qur’an, namun untuk tadarus Al-Qur’an hanya dilakukan diwaktu ashar, disaat membaca Al-Qur’an salah satu santri yang menjadi pemimpin dengan membaca memakai speaker yang kemudian diikuti oleh santri lainnya, begitu juga ketika shalat jamaah yang menjadi imam adalah salah satu santri.

Belajar menjadi imam saat shalat merupakan salah satu pembiasaan yang diterapkan kepada santri agar mampu dan berani untuk tampil sebagai imam shalat di masjid tempat tinggalnya, adapun yang menjadi imam shalat yaitu santri SMA yang sudah melalui penilaian dari guru agama dalam bacaan Al-Qur’annya.

Tidak hanya pada sholat lima waktu, para santri juga diminta menjadi khatib dan muazin sekaligus bilal sholat Jumat di masjid Pondok Modern Selamat Kendal. tujuan dari giat ini yaitu menyiapkan santri-santri untuk terjun ke masyarakat, supaya mental para santri semakin terasah dan kuat serta siap menyebarkan agama Islam.

Semoga dengan kebiasaan yang baik ini mampu membentuk santri yang militan, luas ilmunya agresif dalam melakukannya, Aamiin.

6 Comments

  1. Pendidikan agama adalah dasar untuk mengarungi kehidupan yang modern ini. Di Pondok modern kendal memberikan pendidikan agama yang komplit, dan mencetak imam untuk pribadi muslim yang kaffah.

  2. Setiap santri harus mempersiapkan diri akan ilmu kemasyarakatan seperti bisa memimpin tahlil, menjadi imam sholat, menjadi Khotib Jum’at , menjadi dan memberikan sambutan pada setiap acara ditempat mereka tinggal. Insya di PMS ilmu itu diajarkan sekaligus dipraktekkan dalam kegiatan sehari-hari. Semoga santri PMS bisa menjadi kebanggaan masyarakat. Amin

  3. من اراد الدنيا فعليه بالعلم ومن اراد الأخرة فعليه بالعلم ومن ارادهما فعليه بالعلم.
    Barang siapa yg menginginkan tentang dunia maka dia harus mengetahui ilmu dunia, barang siapa yg menginginkan tentang akhirat maka dia jg harus berilmu, dan barang siapa menginginkan ke 22 nya maka jg harus dg ilmu, maka dr situ wajib kita berilmu semuanya. Begitu juga pendidikan di pondok modern selamat diimbangi ilmu dunia (formal) dan ilmu akhirat (non formal). PMS berkibar jaya….

Leave a Comment