Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal menggelar Lomba Seni Pelajar tahun 2019 untuk jenjang SD,SMP, SMA dan SMK. Acara digelar di Pondok Pesantren Modern Selamat Kendal (19/11) pagi. Acara ini digelar selama 2 hari dari tanggal 19 dan 20 November 2019. Hadir dalam acara tersebut Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wahyu Yusuf Achmadi,S.STP, M.Si, Pegiat seni kebudayaan Kabuaten Kendal dan siswa siswi SD se Kabupaten Kendal.

Kabid Kabudayaan Sulardi mengatakan lomba ini diikuti oleh siswa siswa yang telah berhasil menjadi juara di tingkat kecamatan, untuk tingkat SD ada 10 macam diantaranya Lomba Dagelan, Rias Payung, Tari, Sungging Wayang, Pidato Bahasa Jawa, Mendongeng, cipta geguritan, permainan tradisional, membuat alat permainan tradisiona, dan karawitan. untuk SMP  lomba dagelan, tari, geguritan, poster, cokekan, dan musik daerah, serta untuk siswa SMA/SMK lomba cokekan, tari, poster, menyanyi solo, macapat, dan dagelan.

Divany Ayu N. merupakan salah satu murid berprestasi SMA Unggulan pondok modern selamat yang menjuarai lomba macapat. Serta Ilma Cahaya Nafisa, Danu Prasetyo, dan Arif Oktavian Juara Lomba Dagelan Jawa.

Guru Bahasa Jawa SMA Unggulan Pondok Modern Selamat Kendal mengaku bangga terhadap prestasi kedua siswanya tersebut.

Prestasi ini tentu tidak lepas dari latihan keras para siswa bersama tim. Mereka mencoba belajar berbagai macam jenis tembang Jawa dari beberapa sanggar budaya di Kota Semarang,

Senada dengan apresiasi tersebut, pelatih tim SMA Unggulan Pondok Modern Selamat Kendal memuji keempat siswanya yang berani mengalahkan rasa takut, serta tidak malu untuk bertanya bila mengalami kesulitan selama berlatih.

13 Comments

Leave a Comment