KENDAL (25/12) – Memasuki era new normal, masyarakat Indonesia kini mulai kembali menjalani aktivitas mereka sehari-hari dengan protokol kesehatan. Dalam hal Pendidikan, pondok pesantren telah membuka pembelajaran luring atau tatap muka, termasuk di Pondok Modern Selamat Kendal. Pondok Modern Selamat Kendal membentuk gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 untuk mendorong agar penerapan protokol kesehatan di pondok pesantren diterapkan secara ketat dan potensi penyebaran dan kluster covid-19 tidak terjadi.

Pelaksanaan pembelajaran dilakukan sekolah sesuai aturan kedinasan. Perihal kondisi kelas dan perilaku wajib di lingkungan pondok pesantren baik SMP maupun SMA wajib memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak minimal 1,5 meter, tidak melakukan kontak fisik seperti bersalaman dan cium tangan. Kapasitas santri kelas di isi maksimal 18 peserta didik per kelas. Pembelajaran akademik dilaksanakan dari pagi hingga menjelang dzuhur untuk menjaga stamina para santri dengan memiliki waktu istirahat yang cukup. Kunjungan orangtua atau walisantri juga belum diperkenankan kecuali untuk keperluan yang sangat darurat.

Pada bulan Desember 2020 ini setelah mempertimbangkan situasi dan kondisi, Pondok Modern Selamat menerima kunjungan orangtua atau walisantri. Kunjungan bertempat di Auditorium di dalam area Pondok Modern Selamat Kendal. Disediakan meja Costumer Service di dalam ruangan tersebut untuk menyediakan informasi dan tugas pelayanan sekolah masing masing, baik dari SMP maupun SMA sesuai dengan kebutuhan Wali Santri. Hal ini ditujukan untuk memudahkan segala keperluan walisantri.

Setiap walisantri mempunyai waktu kunjung 1 jam setiap berkunjung. Hari senin sampai sabtu jadwal kunjungan dibuka dari pukul 13.00 – 15.00 WIB. Untuk hari minggu jadwal kunjungan dibuka dari pukul 08.00 – 15.00 WIB. Santri akan di antar dari pesantren menuju auditorium menggunakan kendaraan pesantren dan akan diantarkan kembali ke pesantren sesuai jadwal kunjungan. Pelaksanaan kunjungan orang tua atau walisantri berjalan dengan menerapkan prosedur protokol kesehatan.

Alhamdulillah para wali santri memberikan respon yang positif dan kooperatif. Selain dapat bertemu melepas rindu dengan putra putrinya, orangtua atau walisantri juga menyampaikan apresiasi dan masukan untuk pembelajaran di masa New Normal.

12 Comments

Leave a Comment