Memasuki kelas 12 SMA Unggulan PMS Kendal, selalu menjalani berbagai macam ujian sebagai syarat kelulusan sekolah, salah satunya ujian praktik.

Ujian praktik dilakukan guna mengukur kemampuan siswa dalam berpengetahuan pada sebuah mata pelajaran. Dari beberapa mata pelajaran di sekolah biasanya ada yang mengharuskan ujian praktik. Salah satu mata pelajaran yang ada ujian praktiknya adalah pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).  

Dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam, biasanya para siswa akan dihadapkan dengan ujian bagaimana tata cara sholat jenazah hingga cara menyembelih hewan dengan benar sesuai syariat Islam atau menghafalkan surat-surat pendek.

Pada tahun pelajaran 2020/2021 di semester genap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melaksanakan ujian praktik akad nikah dilaksanakan selama dua hari yakni, tanggal 30-31 Januari 2021. Ujian praktik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diampu oleh Setyo Darussalam, S.Pd. Pelaksanaan praktik akad nikah bermanfaat bagi siswa untuk bekal kedepan ketika mereka sudah masuk pada waktu atau usia untuk menikah.

Menariknya, para siswa ini membuat ujian praktik akad nikah tersebut seperti sungguhan. Tak hanya dilengkapi wali dan saksi, mereka juga membuat praktik akad nikah tersebut begitu meriah seperti acara akad nikah sungguhan. Diketahui praktik akad nikah itu menjadi praktik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam bab ‘Munakahat’.

15 Comments

  1. wah spechless nih! kelas 12 SMANGGUL keren bgt! Sukses terus buat SMANGGUL dan teman2 kelas 12.. tetap semangat, sudah praktik nikah tapi habis lulus jangan buru-buru niikah beneran ya wkwkwk

  2. ini merupakan kegiatan positif, karena siswa bisa mengisi dengan hal yang berguna. Siswa juga bisa melatih kreatifitasnya, benar benar keren dan totalitas bangetttttt

Leave a Comment