Lahir di Inggris, scouting pertama kali diperkenalkan Bapak Pandu Dunia, Lord Baden Powell. Di Inggris, Scouting lebih dikenal sebagai salah satu kegiatan pembinaan bagi para remaja.

163 tahun yang lalu, tepatnya pada 22 Februari 1857 di Paddington, London, Inggris adalah hari kelahiran Chief Scout of the World atau Bapak Pandu Dunia. Sebagaimana yang dilakukan para Pandu memperingati kelahiran BP, hal yang sama juga dilakukan oleh anggota kepanduan di Indonesia. Gerakan Pramuka organisasi kepanduan Indonesia yang memiliki anggota lebih dari 20 juta jiwa, turut memperingatinya dengan meneladani sosok inspiratif seorang BP.

Pada 22 Februari 2020 kemarin, Pangkalan PRAMUKA SMA Unggulan Pondok Modern Selamat Kendal ambalan Selamat Sri – Rahayu juga memperingati hari lahirnya Bapak Pandu Dunia dengan kegiatan lomba presentasi hasta karya, joged komando, serta pioneering.

Dilanjutkan malam Upacara Renungan Ulang Janji. Dengan tujuan merenungkan kembali sejarah munculnya kepanduan di dunia, jejak lintas Boden Powell serta masuknya kepanduan di Indonesia yang kini dinamakan Pramuka.

Kemudian sarasehan dengan pembina berkaitan dengan refleksi pengamalan janji seorang Pramuka yakni Tri Satya dan darma Pramuka yaitu dasa dharma.

Kepala SMA Unggulan Pondok Modern Selamat Kendal Ibu Anik Tri Haryani, S.Pd. mengajak seluruh anggota pramuka melakukan langkah – langkah kecil yg menjadi cita – cita Baden-Powell yitu berusaha menjadikan dunia yang lebih baik. Itulah yang menjadi slogan gerakan kepramukaan sedunia saat ini “Perjalanan hidup Bapak Pandu Sedunia dan warisan nilai – nilai dalam aktivitas kepramukaan wajib kita hayati dan laksanakan sebagai seorang Pramuka. Pesannya mengenai kebahagiaan, kemanusiaan menjadi teladan untuk kita semua” Tutur beliau. 

2 Comments

Leave a Comment