Kelulusan merupakan hal yang dinanti-nanti oleh peserta didik kelas XII. Dengan adanya pengumuman kelulusan, maka selesailah tugas dan tanggung jawabnya dalam menempuh pendidikan di jenjang tertentu. Sehingga mereka dapat melanjutkan tugas dan tanggung jawab di kehidupan berikutnya.

Pengumuman kelulusan di SMA Unggulan Pondok Modern Selamat Kendal dilaksanakan pada 1 Mei 2020. Kelulusan 100% berhasil diraih oleh siswa-siswi SMA Unggulan PMS Kendal tahun pelajaran 2019/2020. Angkatan 25 tersebut, berhasil lulus dengan kriteria yang berbeda dengan tahun pelajaran sebelumnya.

Perbedaan kriteria kelulusan disebabkan karena adanya pandemi virus Covid 19 menjelang pelaksanaan UN. Hasilnya Kemendikbud menyatakan bahwa ujian nasional pada tahun 2020 ditiadakan. Sehingga kriteria kelulusan mengacu pada nilai rapor semester 1-6 dan sikap keseharian peserta didik saat mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan rapat pleno bersama dewan guru, maka semua peserta didik kelas XII di SMA Unggulan Pondok Modern Selamat Kendal dinyatakan lulus.

Hasil kelulusan disampaikan oleh wali kelas secara daring. Hal tersebut menjadi kesan tersendiri bagi orangtua/wali murid. Mereka bersyukur dan banyak mengucapkan terima kasih meskipun belum bisa bertemu secara langsung di masa pandemi Covid-19 ini. Kelulusan 100% peserta didik SMA Unggulan Pondok Modern Selamat Kendal diimbangi dengan harapan besar seluruh pihak yang terkait dalam proses pendidikan. “Harapan kami mereka dapat menjadi generasi yang tanggap terhadap situasi dan mampu mengamalkan ilmu selama di Pondok Modern Selamat Kendal dengan baik” ujar Bu Anik selaku kepala sekolah di SMA Unggulan PMS Kendal.

(Agustina Eka F.)

1 Comment

Leave a Comment