Oleh : Asrori

Banyak usaha yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, di antaranya yaitu menyempurnakan kurikulum, melengkapi sarana dan prasarana pendidkan serta yang paling penting tentunya meningkatkan kualitas guru. In House Training (IHT) adalah sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh sebuah sekolah dalam rangka meningkatakan kompetensi guru dan karyawan. In House Training (IHT) ini tentu saja sangat penting sebagai salah satu dari bagian CPD (Continuous Proffesional Development) yang harus dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan mereka.

Maka, untuk menunjang keberhasilan guru dalam meningkatkan kualitas dan professional kerja, SMP Pondok Modern Selamat Kendal menyelenggarakan IHT pada Selasa, 16 November 2021, sekaligus sebagai bagian dari pelaksanaan tugas Diklat Calon Kepala Sekolah pada tahap On the Job Trainning 2 dalam rangkaian Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang sedang dilaksanakan oleh kepala sekolah SMP PMS, Dwi Darmadi, S.Pd.

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang multimedia tersebut bertema “Pembaruan dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Presentasi Powerpoint Berbantuan Lembar Kerja Siswa”.  Kegiatan IHT ini di hadiri oleh 25 peserta yang terdiri dari seluruh dewan guru SMP Pondok Modern Selamat Kendal maupun tenaga administrasi sekolah dan dihadiri oleh pengawas sekolah Kabupaten Kendal sekaligus narasumber pertama yaitu Bapak Muhitul Himam, S.Pd, M.Si, M.Pd., dan sebagai narasumber kedua,yaitu Bapak Mohammad Zaenal, S.Pd. Sesuai dengan tema IHT tahun ini, para peserta akan diberikan materi tentang bagaimana membuat media pembelajaran powerpoint berbantuan lembar kerja siswa. Guru harus memiliki kemampuan membuat powerpoint pembelajaran yang menarik dan perangkat pembelajaran yang lengkap yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Guru juga diharapkan mampu mengajar mengunakan media pembelajaran yang lain tentunya juga yang menarik sesuai dengan perkembangan zaman. Amiin

Leave a Comment