Terwujudnya manusia yang beriman, taqwa, terampil dan berbudaya serta mampu berkompetisi di era global merupakan visi dari pendiri Pondok Modern Selamat (PMS). Untuk mewujudkannya, peningkatan mutu pendidikan terus diupayakan setiap tahunnya. Dari peningkatan staf pengajar, sarana prasarana media pembelajaran, dan fasilitas untuk para santri dan santriwati.

Jenjang pendidikan untuk para santri dan santriwati ada SMP PMS, SMP Unggulan PMS, SMA PMS, dan SMA Unggulan PMS.  Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi bisa mendaftar ke Sekolah Tinggi Ekonomi Selamat Sri dan Universitas Selamat Sri yang lokasinya tidak jauh dari pondok.

Fullday school yang diterapkan di PMS juga dilengkapi dengan madrasah diniyah yang terintregasi. Sehingga setelah menempuh pendidikan formal sepulang sekolah, para santri bisa menimba ilmu agama Islam di madrasah bersama ustad dan ustadzah. Selain itu, ada banyak ekstrakulikuler yang tentunya asyik dan positif untuk mengisi waktu luang para santri dan santriwati. Diantaranya ada Rebana, Seni Baca Al-Quran, Muhadharah, Pramuka, PMR, Paskibra, Provos, Jurnalistik, Seni Tari, Seni Kriya, Kaligrafi, Seni Musik, Komputer, Teater, Pencak Silat, Karate, Tae Kwon Do, Karya Ilmiah Remaja, Sepakbola, Basket, Voli, dan Futsal. Dari banyaknya ekstrakulikuler, santri dan santriwati yang terpilih akan mewakili PMS untuk mengikuti ajang perlombaan tingkat SMP/SMA. Dan tak jarang membawa Piala maupun piagam kemenangan.

Dengan luas lahan 18 hektar, Pondok Modern Selamat memiliki banyak sekali fasilitas yaitu :

1. Masjid Sualman

Masjid Pondok Modern Selamat Kendal
Santri Menuju Masjid
Tadarus Al-Qur’an di Masjid Sualman

Masjid Pondok Modern Selamat Kendal yang begitu luas dan megah dengan daya tampung 5000 Jama’ah adalah tempat favorit bagi para santri untuk melangsungkan kegiatan Kajian Sore. Masjid dengan dominan warna putih, ornamen yang berbeda dengan Masjid di kebanyakan tempat ini mempunyai sejarah yang sangat panjang, sejak dibangun pada tahun 1995, Masjid yang dinamakan Masjid Sualman ini belum banyak mengalami perubahan yang signifikan ataupun perubahan pada bagian tertentu karena kontruksi bangunan yang begitu kokoh saat didirikan. Alhamdulillah, dari masa ke masa, Masjid Sualman tak pernah sepi oleh para jama’ah, entah saat sholat Jum’at yang banyak dikunjungi oleh masyarakat luar, Pengajian rutin Jum’at Pon/ Sabtu Pahing dan tentunya selalu dipadati oleh Santri Pondok Modern Selamat Kendal itu sendiri. Semoga senantiasa diberikan keberkahan dan manfaat yang bisa mengilhami jutaan umat manusia umumnya dan khususnya bagi para Jama’ah di Masjid Sualman Pondok Modern Selamat Kendal. Amin.

2. Jalan Utama

Jalan utama Pondok Modern Selamat Kendal
Jalan utama Pondok Modern Selamat Kendal

Kesan pertama melewati pintu gerbang utama Pondok Modern Selamat Kendal yaitu luas. Pondok Modern Selamat Kendal memiliki jalan utama yang begitu luas dengan susana islami yang pekat. Dari jauh sudah terlihat atap Masjid Sualman, dan sepanjang jalan utama terdapat joglo-joglo untuk aktifitas dan kegiatan di Pondok Modern Selamat Kendal.

3. Aula Pondok Modern Selamat Kendal

Kegiatan Wisuda Tahfidz dan Tashih di Aula Pondok Modern Selamat
Pelantikan pengurus pramuka yang di laksanakan di aula

Kegiatan santri Pondok Modern Selamat yang begitu padat selalu bisa teratasi dan tertampung oleh gedung serba guna yang dimiliki oleh Pondok Selamat Kendal, yakni AULA. Pondok Modern Selamat Kendal memiliki gedung Aula yang mampu menampung sekitar 6.000 orang. Santri dari berbagai tingkat SMP/ SMA menggunakan Aula untuk beberapa kegiatan seperti; Muhadloroh, Pentas Seni, Santri Expo dll. Bahkan karena kapasitas yang begitu luas, kegiatan Wisuda Tahfidz Al-Qur’an dan Tashih pun bertempat di Aula Pondok Modern Selamat sebagai tempat diselenggarakannya acara tersebut. Aula yang sejatinya adalah tempat serba guna berangsur mulai digunakan juga untuk kegiatan extra Indoor; Badminton, Karate dan Taekwondo. Selain itu yang lebih membanggakan lagi, banyak berbagai event Nasional dari luar yang juga memanfaatkan bangunan kami, Aula Pondok Modern Selamat Kendal, Event Nasional Kompetisi Bandung Karate Club (BKC) misalnya. Insyaallah selagi ada kemaslahatan untuk kegiatan yang positif, kami selalu support.

4. Asrama Santri Putra-Putri

Asrama
Asrama
Asrama

Asrama suasana malam hari

 

Kamar isi 4

 

Kamar isi 8

 

Kamar isi 8

Pondok Modern Selamat Kendal memiliki asrama yang mampu menampung sekitar 3.500 orang. Asrama Satriwan – santriwati yang berjarak jauh, dengan disekati oleh lapangan dan area Ruang Makan tentunya akan membuat kenyamanan tersendiri untuk privasi para santri. Kamar Asrama yang sudah dilengkapi dipan per masing-masing santri pun terlihat begitu rapi. Per Kamar berkapasitas 4 santri untuk Kamar yang medium dan 8 santri untuk kamar yang besar. Hal ini kami terapkan agar kenyaman belajar dalam kamar pun selalu terlihat kondusif. Tidak jauh berjarak dari Kamar Asrama pun telah disediakan beberapa Kamar mandi, yang diperuntukkan para santri agar tetap disiplin, bergegas dalam menyambut setiap kegiatan yang ada di Asrama ataupun di Sekolah.

5. Ruang Kelas

Ruang Kelas
Ruang Kelas

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) akan terasa lebih nyaman ketika kita siapkan ruang kelas yang tertata rapi dan bersih. Hal ini mengacu pada pembagian jumlah siswa/ santri per kelas yang kita buat menjadi kelas efektif dengan maksimal per kelas 23 siswa. Karena ketika melihat kelas yang begitu padat dan banyak, sistem pembelajaran pasti akan gaduh dan terlihat kurang efektif. Ruang kelas dilengkapi dengan peralatan kebersihan, mading, dan perlengkapan-perlengkapan lain sesuai standar Ruang Kelas.

6. Laboratorium Komputer

Pemantapan Ujian Nasional
Lab Komputer

LABKOM mereka menyebutnya, biasanya menjadi tempat strategis dan tempat paling banyak dikunjungi oleh para santri, karena mereka bisa belajar secara online membuat tugas mandiri atau kelompok dengan mudah dan aksses cepat. Globalisasi menuntut para santri untuk lebih aktif, kreatif dan produktif terhadap segala informasi baru yang muncul, tentunya dengan pantauan guru pendamping agar bijak dalam ber media social. Hari minggu adalah hari yang ditunggu oleh para santri, Labkom difungsikan juga sebagai Warnet, namun hanya untuk tugas dan kegiatan lain, seperti membuat proposal sesuai dengan yang disepakati oleh para Pembina masing-masing.

7. Laboratorium IPA

Lab IPA
Lab IPA

Ilmu Pengetahuan Alam erat kaitanya dengan praktikum, dimana siswa harus melakukan tindakan yang membutuhkan ketelitian entah itu hubungannya dengan botani ataupun hewani. Yang jelas, semuaperalatan yang disediakan oleh Laborat IPA sangatlah komplit dari manikin, patung yang dilengkapi dengan system pencernaan dalam tubuh dll, semuanya ada.

8. Perpustakaan

Perpustakaan

Buku, Jendela dunia yang banyak orang bilang. Semua tertata rapi di Perpustakaan kami, Pondok Modern Selamat Kendal siap mengantarkan para santri menuju pengetahuan yang lebih luas lewat membaca. Membaca dunia dengan buku-buku terbaru koleksi Pepupstakaan Pondok Modern Selamat Kendal. Novel, Buku Pelajaran, Sosial dan banyak lagi yang bisa di explore. Sekali lagi, kami peduli dengan perkembangan santri dan insyaallah untuk Perpustakaan kami akan lebih berkembang lagi.

9. Kantin dan Koperasi Sekolah

Kantin
Kantin

Selain LABKOM, ada dua tempat yang menjadi incaran para santri kami yakni Kantin dan Koperasi Sekolah. Mengapa tidak? Karena dengan jajanan yang serba murah mereka juga bisa melepas lelah dengan sesekali bergurau ditemani segar dan nikmatnya es yang mereka minum. Kantin dan Koperasi sekolah hanya dibuka pada waktu istirahat saja, bahkan malam pun kantin buka sampai pukul 21.00 dengan catatan kantin tidak melayani disaat kegiatan sekolah berlangsung ataupun disaat kajian. Koperasi sekolah hanya dibuka pada waktu pagi/ siang saja menyesuaikan istirahat sekolah. Koperasi sekolah dilengkapi dengan peralatan kebersihan, atribut seragam sekolah dari ujung rambut sampai ujung kaki; emblem Osis, Dasi, Ikat Pinggang dll.

10. Lapangan

Ekstrakulikuler PMR di Lapangan Belakang
Mapel Olahraga di Lapangan Depan
Ektrakulikuler Pramuka di Lapangan Depan\
Keseruan Classmeeting di Lapangan Depan
Lapangan
Lapangan
Lapangan
Lapangan
Lapangan

Extrakurikuler Pondok Modern Selamat Kendal meliputi Extra Wajib dan Pilihan. Extra wajib terdiri dari PMR dan Pramuka, sementara Extra pilihan meliputi, Sepak bola, Basket, Voli, Karate, Panahan, Pencak Silat. Sepak bola paling banyak peminat, sehingga SSB Pondok Modern Selamat pun telah dibentuk. Semua aktivitas diatas menggunakan area ourdoor/Lapangan. Kita mempunyai 4 lapangan di area depan; Lapang Futsal, Basket, Voli, dan dua Lapangan sepak Bola. Sedangkan di area belakang ada 3 lapangan juga; lapangan bola mini, lapangan futsal dan lapangan basket.  Extra pilihan dilaksanakan pada hari Jum’at, setelah sholat Jum’at dan Extra wajib dilaksanakan pada hari Sabtu setelah sholat dhuhur, keduanya selesai tepat saat adzan mulai dikumandangkan, kemudian dilanjutkan dengan sholat berjama’ah.

11. Kolam Renang

Kolam Renang

Salah satu kegemaran anak ketika sore hari yaitu dengan habiskan waktu untuk berenang. Fasilitas Kolam Renang terdiri dari 2 Kolam; besar dan kecil yang diperuntukkan untuk para santri putra. Sedangkan santri putri pun juga disediakan kolam renang di dalam area Asrama Putri. Olahraga ini adalah olahraga prestasi yang banyak peminat juga. Terbukti, kami memiliki atlet renang putra asal Magelang, Bima Samudra juara III POPDA Kendal yang berhasil mengharumkan Nama Pondok Modern Selamat Kendal lewat torehannya.

12. Ruang Kesehatan

Klinik Pondok Modern Selamat
Klinik Pondok Modern Selamat
Klinik Pondok Modern Selamat
Ruang Kesehatan Putri

 

Ruang Kesehatan Putri
 

 

Ruang Kesehatan Putra

 

Ruang Kesehatan Putra

Pondok Modern Selamat Kendal sarat akan fasilitas, termasuk Ruang Kesehatan untuk para santri. Tenaga medis/ Perawat yang siap siaga 24 jam. Kesehatan adalah hal utama yang sangat perlu diperhatikan, mengingat sebagian besar santri Pondok Modern Selamat ini dari luar daerah. Wali santri akan merasa terjamin, tenang dan senang bilamana selalu mendengar kabar baik, kabar sehat dari putra putrinya di Pesantren. Untuk kesehatan anak biasanya kita selalu komunikasikan denga wali santri terkait perkembangannya dan dibantu oelh Dokter yang menjadi rujukan konsultasi pihak Pesantren. Pondok Modern Selamat Kendal menyediakan dua Ruang Kesehatan untuk Asrama Putra dam Putri.

13. Ruang Makan

Ruang Makan
Ruang Makan
Ruang Makan

Agenda siang setelah sholat dhuhur berjamaah adalah makan siang bersama yang dibedakan per asrama antara Ruang Makan Putri dan Putra, adapun Dapur utama Putra dan putri, selain itu juga Gazebo di sekitar Ruang Makan yang biasanya digunakan para santri untuk makan bersama dengan rekan-rekannya. Pelayanan makan Pagi, siang, sore dan malam dilakukan dengan tertib dan disiplin oleh para bapak ibu guru yang menjaga piket makan di dapur.

14. Tempat Isi Ulang Air Mineral

Sumber air di Indonesia sangatlah melimpah untuk itu Pondok Modern Selamat Kendal berupaya memerhatikan ketersediaan air yang memadai untuk para santri. Air Mineral yang banyak kita konsumsi selain menghilangkan dehidrasi juga baik untuk sistem pecernaan kita. Para santri tidak  akan berjalan jauh atau pergi keluar untuk mendapatkan air minum, karena santri bisa mengisi air mineral kapan pun mereka butuhkan. Saat pagi sampai siang biasanya ada petugas yang membantu untuk pengisian air Mineral tersebut.

15. Ruang Penginapan Gondoharum

Penginapan Gondoarum

 

Penginapan Gondoarum

 

Penginapan Gondoarum

Kami menyediakan tempat beristrirahat/ menginap bagi para wali santri yang berkunjung ke Pondok Pesantren Modern Selamat Kendal untuk sekadar menemui santri ataupun kepentingan yang lainnya. Dengan disediakannya penginapan Gondoharum, wali santri tidak akan merasa kerepototan ketika ingin mencari tempat istirahat  tanpa harus ke Asrama Santri ataupun mencari tempat menginap diluar, sehingga privasi santri pun bisa terjaga. Disamping itu, lokasi penginapan Gondoharum berada dekat satu area dengan Masjid Sualman Pondok Modern Selamat Kendal, hal ini akan lebih mudah untuk wali santri mengikuti sholat berjama’ah saat adzan dikumandangkan.

16. Area Parkir

Salah satu kenyamanan dan keamanan yang kita prioritaskan juga berupa area parkir yang memadai. Ada 4 area parkir yang mampu menampung ratusan mini bus/ mobil pribadi; Parkir wilayah I terletak di belakang gazebo dan taman sekitar SMA Pondok Modern Selamat, Parkir wilayah II berada di dekat Laboratorium SMA, sepanjang jalan menuju Blok G Asrama Putra, Parkir Wilayah III terletak di dekat Kolam renang Putra sepanjang 1 kilometer dan Parkir wilayah IV terletak di dekat lapangan Basket Blok L Putri. Selain itu wali santri juga bisa memarkirkan kendaraan pribadinya di dekat Universitas Selamat Sri yang lokasinya tidak jauh dari parkir wilayah IV. Bagi wali santri yang menggunakan kendaraan roda dua juga disediakan tempat parkir yang terpisah, dimana wali santri bisa memarkirkan di luar gerbang Pondok Modern Selamat Kendal, tentunya dengan sistem pengamanan yang terjaga.maksimal. Sebagai contoh, security POS Utama  akan mengecek para tamu yang datang, dengan meminta mengisi buku tamu dll dan diberikan kartu tanda parkir kemudian ketika ada perpulangan/ keluar, tamu akan diperiksa kembali oleh security yang berjaga di pintu keluar/ Pos Timur. Sistem pengamanan seperti ini diberlakukan untuk meminimalisasi hal yang tidak diinginkan.

17. Taman dan Gazebo

Taman

 

Taman

 

Taman

 

Taman

 

Taman

 

Gazebo

Sejatinya taman adalah area bermain untuk anak-anak, taman di Pondok Modern Selamat Kendal juga tidak beralih fungsi, tetap taman yang kita sediakan juga untuk area bermain sekadar melepas canda ria wali santri yang turut membawa anak-anaknya mengunjungi kakaknya di Pesantren. Beberapa taman yang lain juga diperuntukkan bagi santri dalam berkegiatan, misalnya saat bedah Soal ataupun tugas lain di luar kelas. Selain itu ada pula Gazebo yang juga digunakan untuk kegiatan KBM aktif di sekolah. Dua tempat ini bisa dijadikan alternative tempat pembelajaran yang sangat efektif karena santri biasanya akan tertarik dengan hal baru, belajar outing class. Udara segar, dengan pemandangan yang tak biasa mereka dapatkan di dalam kelas akan menambah suasana baru yang membuat para santri lebih relax dan produktif dalam berfikir.

18. Free WIFI

Sekolah menyediakan Free wifi hanya untuk kegiatan atau persiapan kegiatan yang sifatnya penting bagi para santri. Pondok Pesantren Modern Selamat Kendal memang ada aturan untuk tidak membawa barang-barang elektroik sejenis HP, Kamera ataupun Laptop. Dan kebijakan itu berlaku untuk semua tingkat SMP maupun SMA. Pondok Modern Selamat Kendal sangat tidak menganjurkan hal itu sebenarnya karena semua fasilitas memang sudah terpenuhi, semisal untuk komunikasi dengan orang tua pun bisa melalui ponsel Wali Kelas/ wali kamar/ pihak asrama ataupun guru yang lainnya. Laptop pun rasanya tidak perlu, karena tiap sekolah lengkap dengan fasilitas komputer, hal yang kaintannya dengan tugas extra; Proposal, bisa memanfaatkan komputer sekolah. Pondok Modern Selamat Kendal menerapkan hal ini bertujuan agar para santri bisa lebih bijak memilih barang yang primer atau sekunder.

19. Joglo Joglo

Joglo Temu Kangen | Untuk penerimaan pendaftaran siswa baru dan menerima tamu orang tua santri yang berkunjung
Joglo Personalia | Untuk menerima calon pengajar Pondok Modern Selamat Kendal
Joglo Kesenian | Untuk kegiatan kesenian para santri

Joglo merupakan konsep rumah adat yang unik berasal dari Jawa Tengah. Terbuat dari kayu jati pilihan dan memiliki bentuk atap yang mengerucut. Bangunan ditopang oleh banyak tiang dan sengaja dibangun tanpa tembok. Yang mempunyai arti bahwa orang Jawa memiliki kepribadian yang terbuka dan ramah. Meskipun sudah jarang dijadikan sebagai hunian, tetapi rumah Joglo masih tetap menarik jika dijadikan sebagai konsep bangunan yang mengusung tema tradisional budaya. Pondok Modern Selamat mempunya banyak bangunan joglo sebagai tempat pertemuan dan tempat untuk beristirahat wali santri yang sedang berkunjung. Pondok Modern Selamat mengembangkan suatu lembaga pendidikan mempunyai bentuk yang khas dan berbeda dengan pondok pesantren pada umumnya.

20. Auditorium

Auditorium

Pondok Modern Selamat Kendal memiliki gedung auditorium yang mampu menampung sekitar 5000 orang, biasanya gedung tersebut digunakan untuk penerimaan rapor siswa dan lomba-lomba akademik maupun non akademik.

Dengan banyaknya fasilitas dan sarana prasarana untuk belajar tentunya akan meningkatkan prestasi dan kualitas para santri dan santriwati. Asrama dan gedung sekolah yang berada dalam satu lingkup area pondok akan memudahkan dan menjamin keamanan putra putri Bapak Ibu selama 24 jam.

 

Bisa Tanya Disini
1
Assalamu'alaikum,
Pondok Modern Selamat Kendal
Assalamu'alaikum,
Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2021/2022,
Kami Siap Melayani Anda..
( 082 134 850 920 )