Oleh: Ahmad Asrori

Guru Agama Pondok Modern Selamat Kendal

Bulan yang paling dimuliakan dibanding  bulan lain dan bulan yang penuh akan keberkahan dari Allah, yakni bulan Ramadhan sebentar lagi akan tiba. Umat muslim se-dunia berbondong-bondong menyambutnya dengan penuh kerinduan dan kecintaan. Tak lupa, umat muslim meyambut bulan tersebut dengan berbagai atributnya, dari mulai menu buka puasa, sahur lebaran dan lain sebagainya.

            Layaknya kedatangan tamu, maka bulan ramadhan harus disambut dengan senang, di antara menyambutnya adalah dengan mensucikan hati. Kenapa harus hati? Karena hati adalah pusatnya jasad. Seperti halnya yang disabdakan Nabi, bahwa: “Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati”.

            Cara membersihkan hati bisa dilakukan dengan lima hal, yakni Pertama membaca Al-Qur’-an beserta maknanya, Kedua mendirikan sholat malam, ketiga berkumpul dengan orang sholeh, keempat memperbanyak berpuasa (khusunya senin dan kemis), kelima dzikir malam sepanjang malam. Bahkan hal ini sudah tidak asing ditelinga kita, karena sudah diadopsi menjadi lirik lagu. Tetapi yang menjadi pertanyaan adalah, sudah sejauh mana kita melaksanakanya?

            Selain mensucikan hati, kita juga harus mempersiapkan persiapan mental dan fisik. Persiapan mental perlu dilakukan agar lebih khusu’ dalam menjalanknan puasa dengan cara menjaga lisan dan perbuatan agar tidak membatalkan pahala puasa. Sedangkan persiapan fisik dilakukan agar tubuh kuat untuk menjalankan ibadah puasa dengan cara memenuhi kebutuhan gizi bagi tubuh.

            Persiapan-persiapan tersebut digunakan  untuk memborong pahala di bulan ramadhan yang sangat melimpah bahkan akan dilipatgandakan pahalanya, di antaranya adalah sholat taraweh, membaca al-Qur’an, sholat tahajud dan sholat sunnah yang lain.  Semoga kita dapat bertemu di bulan ramadhan ini dengan kesiapan mental, fisik dan hati yang suci. Wallahu A’lamu Bi Al-Showaab.

39 Comments

  1. Alhamdulillah santri PMS bulan ramadhan ini bisa menjalankan puasa d Pondok. Semoga kita semua diberi kemudahan ,kesehatan dan kekuatan untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini.

    1. Alhamdulillah.. Semoga kita termasuk orang yang selalu merindukan datangnya Bulan Ramadhan, Sehingga kita Semangat dalam menjalankan Ibadah di bulan Ramadhan ini dengan penuh keikhlasan. Amin.

    2. Alhamdulillah… Semoga kita semua mendapat naungan nya

      Bersihkan hati dan pikiran kita untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan thn ini .
      Semoga hidup kita lebih berkah Amin…

  2. Alhamdulillah.. semoga santri & civitas akademika PMS Kendal mampu mensucikan hati, untuk menyambut bulan suci tahun ini…

    1. Alhamdulillah… Semoga kita semua mendapat naungan nya

      Bersihkan hati dan pikiran kita untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan thn ini .
      Semoga hidup kita lebih berkah Amin…

  3. Alhamdulillah, semoga dengan akan datangnya bulan Ramadhan kita bisa lebih memperbanyak amal ibadah di bulan yang penuh berkah.

    1. Alhamdulillah.semoga semua santri di Pondok Modern Selamat bisa menjalankan ibadah puasa dengan penuh semangat.

  4. Alhamdulillah… Semoga kita semua termasuk orang yang selalu merindukan datangnya Bulan Ramadhan, sehingga bisa melaksanakan Amal Ibadah di bulan ramadhan ini dengan semangat dan niat tulus dan ikhlas Amin…

    1. Meskipun nilai Ibadah di bulan suci Romadhon dilipat gandakan, mustahil bagi kita mampu menjalankannya tanpa Taufiq dan Hidayah dari Allah SWT.
      Untuk itu mari kita semua senantiasa berdoa, semoga Taufiq dan Hidayah dari Allah selalu menyertai kita semua. Amiin..

    2. Alhamdulillah, Tetap dan terus Semangat untuk para santri PMS Kendal, dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan tahun Ini, semoga kita semua mendapatkan keberkahan di bulan Ramadhan ini . Aamiin

  5. Mari kita sambut bulan penuh hikmah ini dengan penuh suka cita, kuatkan diri untuk menjalankan kwajiban dan sunahnya, sehingga akan mencapai predikat muttaqin… Amin..

    1. Puji syukur pada Tuhan Yang maha Kuasa
      Semoga dibulan suci Ramadhan tahun ini keluarga Besar PMS mendapatkan berkah dan Rahmat Allah SWT

  6. Meskipun nilai pahala di bulan suci Romadhon dilipat gandakan, mustahil bagi kita melaksanakannya tanpa Taufiq dan Hidayah dari Allah SWT.
    Untuk itu marilah kita senantiasa berdo’a moga Taufiq dan Hidayah dari Allah selalu tercurahkan pada kita semua .

  7. Semoga Ramadhan tahun ini lebih baik daripada Ramadhan tahun yang lalu. Semoga keluar dari bulan Ramadhan dosa-dosa kita diampuni sehingga bagaikan bayi yang baru lahir. Aamiii… Aamiiin… Aamiiin yaa robbal ‘aalamiiin.

  8. Alhamdulillah
    Semoga dibulan ramadhan yang suci dan penuh ampunan. Kita senantiasa diberi kesehatan untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

  9. Jika semua harta ialah racun, maka zakatlah penawarnya.
    Jika seluruh umur ialah dosa, maka taubatlah obatnya.
    Jika seluruh bulan adalah noda, maka Ramadhan lah pemutihnya.
    Marhaban ya Ramadhan, Allahumma barik lana fii rojaba wa sya’bana wa ballighna Romadhon.

  10. Jika semua harta ialah racun, maka zakatlah penawarnya.
    Jika seluruh umur ialah dosa, maka taubatlah obatnya.
    Jika seluruh bulan adalah noda, maka Ramadhan lah pemutihnya.
    Marhaban ya Ramadhan, Allahumma baarik lanaa fii rojaba wa sya’baana wa ballighnaa Romadhon.

  11. Puasa tidak sekedar menahan lapar dan dahaga tapi juga melatih pribadi menjadi tangguh
    Selamat menjalankan ibadah puasa anak- anak

Leave a Comment