SMA PMS memberikan segenap apresiasi kepada para santri penghafal alquran. Kegiatan ini diselenggarakan dengan bertujuan untuk memupuk rasa cinta para santri terhadap kitab alquran. Salah satu  keutamaan menghafal alquran adalah disematkannya mahkota dan jubah karomah serta keridhaan allah kepadanya. Hal itu sebagai bentuk penghormatan kepada penghafal alquran.

              Santri yang ikut serta dalam acara ini berjumlah 57 anak , terdiri dari santri SMA dan SMP di Pondok Moderen Selamat Kendal yang tergabung dalam Himpunan Penghafal Alquran (HPPQ). Acara ini berlangsung pada hari Jumat tanggal  22 Januari 2021 bertempat di halaman gedung SMA Pondok moderen selamat dan dihadiri oleh Pengelola Yayasan, kepala SMA PMS, Bapak/Ibu Guru, santriwan-santriwati, serta tamu undangan.

              Kegiatan ini dimulai pukul 07.00 pagi, diawali dengan pembukaan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Pembacaan ayat suci alquran dan sholawat nabi dari grup hadroh SMA PMS pun ikut serta menambah rasa syukur terhadap alquran dan kecintaannya kepada baginda Nabi Muhammad SAW. Puncak inti diisi dengan pelantunan ayat-ayat suci Alquran serentak oleh para santri mulai dari surah Adhuha sampai surah Annas, kemudian santri akan diuji oleh Bapak/Ibu penguji terkait dengan kualitas dan kemampuan santri dalam menghafal Al quran. Disiapkannya klintingan yang berisi potongan surah, yang nantinya santri diminta untuk melanjutkan potongan ayat yang sudah dipilih oleh guru penguji. Sebagai bentuk apresiasi SMA PMS terhadap santri penghafal alquran maka, sekolah menghadiahkan Kitab Aquran dan plakat kepada santri. Acara tidak hanya sampai disini saja, namun dilanjutkan dengan pemotongan tupeng dengan harapan agar kegiatan seperti ini kedepannya menjadikan santri sebagai generasi penerus islami yang berprestasi.

              Ahmad Fauzan selaku WAKA Kesiswaan dalam sambutannya mengungkapkan bahwa harapan besar bagi sekolah dengan adanya apresiasi terhadap santri penghafal alquran ini akan memberikan motivasi kepada santri lain untuk dapat meningkatkan semangat agar rajin membaca dan menghafalkan quran, menjadikan alquran sebagai pedoman hidup dan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan akan tumbuh anak-anak generasi islami penghafal alquran, tidak saja menghafalkan alquran juga bisa mengaplikasikan isi alquran dalam kehidpuan sehari-hari.

Leave a Comment